Earning at risk Google AdSense

Mengatasi Earning at Risk… Google AdSense

Posted on

Belakangan ini publisher Google AdSense pada kebingungan dengan munculnya pesan ads.txt yang tampil pada dashboard AdSense. Pesan tersebut sebenarnya untuk memberitahu kepada blogger bahwa situsnya belum dipasang file ads.txt.

Berikut ini adalah kutipan ads.txt yang diambil langsung dari dashboard AdSense “Earnings at risk – One or more of your sites does not have an ads.txt file. Fix this now to avoid severe impact to your revenue.”

Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih artinya seperti ini “Penghasilan berisiko-satu atau beberapa situs Anda tidak memiliki file Ads. txt. Perbaiki ini sekarang untuk menghindari dampak yang parah terhadap pendapatan Anda.”

Ada 2 kategori pesan dari tim Google AdSense yaitu bersifat baik dan buruk. Yang termasuk pesan baik adalah diterima sebagai publisher, pemberitahuan pembayaran bulanan, dan tips meningkatkan pendapatan dari AdSense. Pesan buruk biasanya bersisi tentang pelanggaran hak cipta, konten mesum, dan sara.

Menurut TERAA.NET, earnings at risk… termasuk yang baik karena memberitahukan untuk memasang file ads.txt. Kalau mengabaikannya maka tidak menutup kemungkinan penghasilan Anda akan hilang (biasanya sih invalid trafik lebih tinggi dari yang dibayarkan kepada publisher.

Fungsi file ads.txt adalah untuk memberitahukan kepada Google AdSense bahwa situs yang dipasang iklan tersebut adalah benar-benar milik Anda sendiri. Sebelumnya sering terjadi penyalah gunaan script AdSense untuk tujuan buruk, misalnya oknum mengambil kode Publisher ID ca-pup xxx dipasang pada blog yang melanggar kebijakan Google.

Memperbaiki Earning at Risk Google AdSense

Berikut ini adalah cara mengatasi earning at risk karena belum memasang ads.txt pada situs blog yang dikelolanya. Karena platform blog yang banyak digunakan ada 2 yaitu Blogger.com dan WordPress.org maka tutorialnya dibuat khusus untuk kedua platform tersebut.

A. Menambahkan ads.txt di Blogger.com

1. Buka Google AdSense kemudian login dengan akun yang telah terdaftar
2. Setelah berhasil masuk dashboard AdSense pilih menu Account > Account Information. Catat Publisher ID-nya karena akan dipasang pada script ads.txt
3. Silahkan ganti pub-000 dengan Publisher ID milik Anda, kemudian Copy

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

4. Masuk ke dashboard Blogger.com kemudian pilih Setelan > Preferensi Penelusuran > Monetisasi > ads.txt kustom > kemudian Paste. Selengkapnya silahkan lihat gambar berikut ini.
Memasang file ads.txt di Blogger

B. Menambahkan ads.txt di WordPress Tanpa Plugin

1. Langkah pertama silahkan lihat Publisher ID kemudian catat
2. Gunakan script ads.txt yang dipakai untuk blogger.com, kemudian ganti pub-000 dengan Publisher ID
3. Masuk ke Cpanel Hosting > File > Pengelola File

4. Home > public_html > unggah file ads.txt yang telah Anda edit tadi
Memasang ads.txt di WordPress
5. Bila beRhasil maka file ads.txt muncul di public_html seperti yang tampil pada gambar di atas
6. Sekarang cek apakah ads.txt dalam root domain sudah bisa diakses atau belum, hal ini cukup dengan memasukan: URL blog/ads.txt. Bila berhasil maka script ads.txt ditampilkan di halaman baru.

Demikianlah informasi cara mengatasi/ memperbaiki earning at risk yang diakibatkan oleh file ads.txt. Dengan menerapkan tutorial yang seperti yang dijelaskan di atas, InsyaAllah blog dan AdSense jadi aman terkendali.

One thought on “Mengatasi Earning at Risk… Google AdSense

  1. Saya mendapatkan pesan ini, blm sampe sehari setelah Saya pasang unit iklan di blog. Apakah ini ada kaitannya dg earning yang Saya dapatkan +- $8, padahal blm sampai sehari unit iklan dan tidak ada klik pada unit iklan? mohon pencerahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.