Membuat File PDF

Cara Membuat File PDF Dari Office 2007

Posted on 18 views

Portable Document Format (PDF) sekarang telah menjadi standar file digital yang banyak dipakai orang untuk keperluan tertentu. Surat lamaran online yang dikirimkan via email wajib menggunakan format PDF, selain itu berkas-berkas penting yang diupload untuk daftar CPNS, dan lain sebagainya juga menggunakan format PDF.

Saking pentingnya file PDF, beberapa pengembang telah membuat aplikasi untuk membuat file PDF seperti Nitro PDF, Foxit Reader, dan Adobe Acrobat. Selain itu Anda bisa memanfaatkan aplikasi Microsoft Office untuk membuatnya, caranya tinggal pilih File > Save As > PDF. Office 2010, 2013, dan 2016 telah suport PDF namun untuk Office 2007 tidak ada opsi menyimpan file dalam bentuk PDF.

Lantas apa yang harus dilakukan pengguna Office 2007 supaya bisa membuat file PDF? apakah harus pakai Office yang baru? ya kalau spesifikasi komputer mumpuni tentu tidak menjadi masalah, namun kalau komputer jadul bagaimana?

Microsoft ternyata mengamati kebutuhan pengguna Office 2007 tentang file PDF dengan merilis Add-in Save As PDF. Dengan Add-in ini memungkinkan pengguna Office 2007 membuat file PDF dari MS Word, MS Excel, dan MS Power Point. Penasaran ingin tahu caranya seperti apa mari simak penjelasannya berikut ini sampai habis.

 

Cara Mudah Bikin File PDF Menggunakan Office 2007

1. Pastikan Office 2007 telah terinstall pada komputer/ laptop Anda
2. Download Microsoft Save as PDF or XPS
3. Setelah selesai download silahkan install Microsoft Save as PDF or XPS
4. Buat file PDF dari Office 2007, kalau sudah siap simpan dengan memilih File > Save As > PDF or XPS

Microsoft Save as PDF or XPS
Add-in Microsoft Save as PDF or XPS yang telah terintegrasi Office 2007

5. Silahkan buka file PDF yang dibuat dari Office 2007 tadi
6. Selamat, sekarang Anda berhasil membuat file PDF dari Office 2007.
Demikianlah informasi membuat PDF dengan Office 2007, semoga bermanfaat untuk Anda terutama pengguna Office 2017. Selain mampu menyimpan file PDF, Add-in tersebut juga mampu menyimpan format XPS.

Menurut Wikipedia: XML Paper Specification (XPS), adalah spesifikasi untuk page description language dan format fixed document yang awalnya dikembangkan oleh Microsoft yang kemudian distandardisasi oleh ECMA International sebagai standar internasional ECMA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.