Kompor Gas Bocor

Kompor Gas Bocor, Ini Cara Memperbaikinya

Posted on 66 views

Tabung gas yang isinya habis wajib diganti yang baru supaya kompornya tetap menyala dan bisa digunakan untuk memasak. Terkadang pergantian tabung gas menimbulkan masalah baru seperti kebocoran pada area regulator yang disebabkan oleh seal tabung gas. Ketika kompor gas bocor maka keluar bunyi mendesis dan bau gas yang menyengat, dalam kondisi ini kompor tidak bisa dinyalakan.

Apakah Anda termasuk salah satu pengguna kompor gas yang sering mengalami masalah seperti ini? bila Iya pasti menjengkelkan bukan… niatnya ingin segera memasak kemudian sarapan, eh masalah kompornya bermasalah. Jangan buru-buru panggil tukang untuk memperbaikinya, ayo atasi dengan membaca artikel ini sampai habis.

Sebelum menuju pada tahap intinya sebaiknya mari kita pahami penyebab kebocoran pada kompor gas. Sebenarnya penyebabnya bisa melalui selang gas dan seal tabung gas, namun yang sering bermasalah pada sealnya. Bahan pembuat selang gas sudah bagus sehingga jarang ditemui kebocoran meski telah dipakai bertahun-tahun.

Baca: Cara Memperbaiki Tabung Pompa Air Bocor

Berbeda dengan seal yang harus diganti setiap ganti tabung gas maka fungsi komponen ini sangat vital karena menentukan rekat dan tidaknya regulator ke tabung gas. Setiap pembelian gas pasti telah include seal dalam tabung dan Anda cukup memasangnya saja. Masalahnya seal bawaan tabung gas biasanya kualitas jelek sehingga ketika dipasang selalu bocor.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, untuk mengatasi kebocoran gas pada area regulator yaitu dengan mengganti seal. Di pasaran banyak sekali dijual seal tabung gas, yang bagus seperti mereknya Ken Master. Namun bila masih bocor harus mengakalinya sendiri supaya seal tersebut tidak longgar/ rapat pada regulator. Penasaran ingin tahu caranya seperti apa? mari simak penjelasannya berikut ini.

 

Mengatasi Surara Mendesis Pada Kompor Gas

Kebocoran pada seal tabung gas bisa disebabkan oleh bahan karet yang buruk sehingga ketika dipasang tidak rapat. Kebanyakan seal mempunyai diameter yang sama namun terkadang yang membedakan adalah ketinggiannya. Untuk mengatasinya Anda membutuhkan seal yang agak panjang namun dengan memanfaatkan seal bekas bisa mengganjal seal tabung gas yang bocor.

Caranya silahkan potong seal bekas dengan ketebalan 2 mm, kemudian pasang seal potongan tersebut ke dalam tabung gas. Setelah terpasang timpa dengan seal yang bocor, kemudian pasang regulatornya. Sekarang coba nyalakan kompor gasnya, berhasil bukan?

 

Memperbaiki Kompor Gas Bocor Dengan Karet Gelang

Memotong seal bekas membutuhkan keahlian khusus, kalau tidak terampil biasanya potongannya bergelombang dan ketika dipasang tetap keluar bunyi desis. Sekarang Anda bisa memanfaatkan karet gelang untuk mengganjal seal yang ada, caranya potong karet tersebut sesuai panjang sisi pipa tabung gas.

Kemudian pasang potongan karet tersebut ke dalam tabung gas, timpal dengan seal tabung gas dan pasang regulatornya. Kalau tidak keluar bunyi berarti tidak bocor lagi. Coba nayalakan kompor gas, berhasil bukan?

 

Memperbaiki Kompor Gas Bocor di YouTube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.