Menambal Tabung Pompa Air

Cara Memperbaiki Tabung Pompa Air Bocor

Posted on

Permasalahan yang sering muncul dari pompa air tipe otomatis adalah tabungnya bocor. Penyebab terjadinya kebocoran juga beraneka ragam seperti penempatan pompa air di area yang lembap dan terkena tetesan air hujan. Pada umumnya yang cepat bocor adalah tabung yang posisinya tiduran/ datar, kalau berdiri rata-rata awet.

Selain itu bisa juga disebabkan oleh tipisnya tabung sehingga tidak kuat menahan kelembapan udara yang mengakibatkan munculnya korosi berujung kebocoran. Munculnya air dari tabung dimulai dari rembesan kecil yang lama-lama menjadi besar. Kalau pompa air diletakkan di pojokan yang sulit terjangkau tangan manusia biasanya pemilik baru tahu kalau terjadi kebocoran setelah pompa airnya bunyi terus.

Tabung pompa air yang bocor harus segera diperbaiki, kalau tidak bisa membahayakan penggunanya. Kasus di lapangan ada yang pernah kesetrum dari air yang keluar dari pompa yang bocor tersebut. Air yang keluar dari tabung juga bisa masuk pada bagian kipas pompa air dan kabelnya yang menyebabkan terjadinya konsleting.

Di atas sudah dijelaskan bahaya dari bocornya tabung pompa air, sekarang adalah kelanjutannya yaitu cara memperbaiki tabung yang bocor. Setidaknya dengan membaca penjelasan dari TERAA.NET berikut ini, Anda bisa memperbaikinya sendiri tanpa memanggil teknisi pompa air.

Cara Mengatasi Tabung Pompa Air Yang Bocor

1. Gunakan Lem Besi

Tabung pompa air yang bocornya masih kecil bisa ditambal menggunakan lem besi. Rekomendasinya gunakan lem merek Dextone, lem ini mudah ditemukan di toko sparepart motor dan mobil karena biasanya dipakai untuk merekatkan besi pada part motor.

Selain mempunyai kemampuan merekatkan besi, Dexton juga digunakan untuk plastik, kayu, keramik, dan berbagai bahan lainnya. Caranya adalah silahkan cari dulu plat besi tipis kemudian gunting secukupnya supaya bisa menutupi bagian yang bocor tersebut. Anda bisa memanfaat kaleng bekas sarden atau susu kalau kesulitan nyari plat besi.

Selanjutnya amplas pada bagian tabung yang bocor hingga halus. Campurkan kedua lem Dexton menjadi satu kemudian oleshkan pada bagian yang bocor dan tutup menggunakan plat besi tadi. Tunggu beberapa menit hingga lemnya benar-benar kering dan tabung pompa air siap digunakan.

2. Bawa ke Tukang Las

Cara lainnya bila bocornya sudah besar silahkan bawa saja ke tukang las supaya ditambal pada bagain yang bocor. Mungkin biaya las nggak sampai 10 ribu, kalau dibelikan lem Dexton bisa lebih dari 10 ribu. Setelah selesai dilas pasang kembali tabungnya dan kini siap digunakan.

3. Beli Tabung Sendiri

Jika Anda nggak mau ribet pakai lem atau dibawa ke tukang las silahkan beli saja tabungnya. Di toko bangunan biasanya jual tabung pompa air, kalau tidak ada beli saja secara online yang jual banyak kok. Sebenarnya yang awet itu tabungnya bukan dari besi melainkan plastik. Tabung plastik dijual kisaran 15 ribuan, tidak bisa korosi dan bocor.

Demikianlah informasi cara memperbaiki tabung pompa air yang bocor, semoga bermanfaat untuk Anda khususnya yang tabungnya bocor. Sebenarnya dengan melepas tabung dan menutupnya pompa air bisa digunakan namun fungsi otomatisnya tidak jalan.

One thought on “Cara Memperbaiki Tabung Pompa Air Bocor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.