genre game

Mengenal 17 Genre Game: Action, Arcade, Sport, dsb

Posted on 18 views

Mengenal genre game dapat menambah pengetahuan kita tentang dunia gaming, meskipun bukan gamer profesional kalau mengenal genre yang terdapat pada game merupakan kepuasan tersendiri.

Selayaknya musik, genre game ini macamnya banyak sekali. Genre/ aliran dibuat untuk mengklasifikasikan atau mengelompokkan game ke dalam jenis permainan tertentu sehingga mudah diketahui masuk dalam jenis apa.

Baca: Membuat Tampilan Game Naruto Shippuden Ultimate Ninja STORM 4 Full Screen

Action, arcade, adventure, sport termasuk genre game, selain itu masih banyak genre lain yang jarang diketahui oleh orang lain. Setidaknya ada 17 genre game yang berhasil TERAA.NET rangkum, berikut ini adalah jabaran mengenai macam-macam genre pada game tersebut.

 

Macam-Macam Genre Game Yang Wajib Anda Pahami

 

1. Role Playing Game (RPG)

RPG adalah salah satu yang mengandung unsur experience atau leveling dalam gameplay. Biasanya dalam game ini kita memiliki kebebasan untuk menjelajah dunia game tersebut dan juga kita dapat menentukan ending dari game tersebut. Di dalam RPG, ada genre game bernama MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game). Genre ini bisa dibilang game onlinenya RPG.

Contoh: Final Fantasy

 

2. First Person Shooter (FPS)

FPS adalah game yang tembak menembak yang memiliki ciri utama penggunaan sudut pandang orang pertama yang membuat kita di belakang senjata.

Contoh game bergenre FPS : Batlefield

 

3. Third Person Shooter (TPS)

TPS adalah game yang mirip dengan FPS yaitu memiliki gameplay tembak menembak hanya saja sudut pandang yang digunakan dalam game ini adalah orang ketiga.

Contoh game bergenre TPS: Mass 3 Effect

 

4. Strategy

Strategy adalah genre game yang memiliki gameplay untuk mengatur suatu unit atau pasukan untuk menyerang markas musuh dalam rangka memenangkan permainan.

Genre Strategy dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

a. Real Time Strategy (RTS)
Pada game ini, kita dapat mengendalikan pasukan secara langsung, dari mencari sumber daya, hingga menghancurkan musuh. Semua pertarungan ini dapat kita saksikan secara langsung.

Contoh game bergenre RTS: Red Alert

b. Turn Based Strategy (TBS)
Sistemnya seperti Turn Based RPG, tetapi di sini selain mengendalikan character utama, kita mengendalikan pasukan dan kota kita untuk memenangkan pertarungan. Biasanya kita memainkan gamenya di atas peta.

Contoh game bergenre TBS: Empire Total War

 

5. Simulation

Simulation adalah genre yang mementingkan realisme. Segala faktor pada game ini sangat diperhatikan agar semirip di dunia nyata. Baik nilai, material, referensi dan faktor lainnya. Cara memainkannya juga berbeda. Genre simulasi meliputi game racing, flight, sampai militer.

Contoh game bergenre Simulation: Bus Simulator

 

6. Tycoon

Tycoon adalah game yang menjadikan kita sebagai seorang bussinesman yang akan mengembangkan sesuatu property untuk dikembangkan hingga laku di pasaran.

Contoh game bergenre Tycoon: Roller Coaster

 

7. Racing

Racing Game adalah game sejenis racing yang memungkinkan kita untuk mengendalikan sebuah kendaraan untuk memenangkan sebuah balapan.

Contoh game bergenre Racin: Need For Speed

 

8. Action Adventure

Action Adventure adalah game berupa petualangan salah seorang karakter yang penuh dengan penuh aksi yang akan terus ada hingga game tersebut tamat. (Biasanya Action dimasukkan kategori RPG).

Contoh game bergenre Action Adventure: Batman Arkham City

 

9. Arcade

Arcade game adalah genre game yang tidak terfokus pada cerita, melainkan hanya dimainkan “Just For Fun” atau untuk kejar mengejar point/ highscore.

Contoh game bergenre Arcade: Dragon Ball Fighter

 

10. Fighting Game

Fighting adalah genre game bertarung. Seperti dalam arcade, pemain dapat mengeluarkan jurus-jurus ampuh dalam pertarungannya. Genre fighting biasanya one on one dalam sebuah arena yang sempit.

Contoh game bergenre Fighting Game: Street Fighter

 

11. Sports

Sports adalah genre permainan olahraga. Sistem permainan akan berbeda-beda tergantung jenis olahraga yang menjadi tema game tersebut.

Contoh game bergenre Sports: FIFA

 

12. Historic

Game ini melibatkan tentang sejarah pada zaman dahulu seperti cerita perang dunia 2 dan perang musim dingin.

Contoh game bergenre Historic: Total War Rome II

 

13. Real Life

Game ini meliputi tentang kehidupan sehari-hari, pokoknya cocok banget dimainkan pada malam hari yang suntuk hehe.

Contoh game bergenre Reallife: Farm Frenzy

 

14. Musical

Game ini meliputi tentang alat musik dan cara memainkan musiknya.

Contoh game bergenre Musical: Guitar Hero

 

15. Shooter

Genre permainan video yang ciri utamanya adalah penggunaan sudut pandang orang pertama dengan tampilan layar yang mensimulasikan apa yang dilihat melalui mata karakter yang dimainkan. Ciri utama lain adalah penggunaan senjata genggam jarak jauh.

Contoh game bergenre Shooter: Alien Shooter

 

16. Action

Genre action ini biasanya meliputi tantangan fisik, balapan, dan beberapa konflik lainnya. Dapat juga meliputi masalah ekonomi sederhana, seperti mengumpulkan benda-benda.

Contoh game bergenre Action: Sleeping Dog

 

17. Puzzle

Sesuai dengan namanya, game ini tentang pemecahan teka-teki baik itu menyusun balok, menyamakan warna bola, memecahkan perhitungan matematika, melewati labirin, sampai mendorong-dorong kotak masuk ke tempat yang seharusnya, itu semua termasuk dalam jenis ini. Sering pula permainan jenis ini adalah juga unsur permainan dalam video game petualangan maupun game edukasi.

Contoh game bergenre Puzzle: Zuma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.