Cara Menghilangkan Noise Dengan Audacity dan GoldWave

Posted on

Cara menghilangkan atau mengurangi noise dengan Audacity dan GoldWave merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu tentang Cara Menghilangkan Noise Video dengan Wondershare Filmora. Rasanya ada yang kurang bila tidak membagikan informasi cara menghilangkan noise dengan aplikasi audio editing, jadi tutorial yang dibagikan ini khusus untuk file audio, bukan video (gabungan gambar dan suara).

Aplikasi audio editing banyak sekali ragamnya namun fokus dalam pembahasan ini cuma menggunakan Audacity dan GoldWave. Kalau ada yang bertanya kenapa tidak menggunakan Adobe Audition untuk menghilangkan noise? jawabannya adalah kemudahan pengguna.

Audacity dan GoldWave mempunyai tampilan yang mudah dipahami pengguna sehingga ketika mengaplikasikan tutorial seperti yang dijelaskan TERAA.NET mereka tidak mengalami kesulitan. Berbeda dengan Adobe Audition yang toolnya super lengkap dan membingungkan untuk editor pemula.

Noise adalah suara berisik atau bising dari suara utamanya. Maksudnya suara itu timbul dari lingkungan sekitar seperti tiupan angin, suara mobil, dan orang lain yang sedang berbicara seperti di pasar. Intinya suara yang diambil tidak bisa fokus pada suara utamanya. Selain itu noise juga ditimbulkan dari penggunaan microphone murahan atau bawaan device.

Berbeda ketika Anda menggunakan microphone mahal maka noise sangat kecil sekali. Daripada beli barang mahal manfaatkan peralatan yang ada untuk merekam suara. Bila muncul noise hilangkan dengan aplikasi Audacity dan GoldWave, caranya adalah sebagai berikut.

 

1. Menghilangkan Noise Dengan Audacity

Audacity adalah aplikasi audio editing gratisan terbaik yang ada saat ini, meskipun gratis kemampuan editingnya sudah mencukupi untuk mengelola file audio. Aplikasi ini bersifat open source dan multi platform yang bisa jalan di semua sistem operasi. Mau memakai Windows, Linux, dan Mac OS juga bisa.

Salah satu fitur yang disukasi para editing adalah Noise Reduction. Hasil rekaman Anda menggunakan microphone biasa bisa dihilangkan noisenya dengan fitur ini. Penasaran seperti apa cara menghilangkan noise dengan Audacity silahkan simak tutorialnya berikut ini.

1. Jalankan Audacity, bila belum punya silahkan download di official website Audacity
2. Buka file audio yang akan dihilangkan noisenya, kemudian pilih tab menu Effect > Noise Reduction

Cara mengurangi noise dengan Audacity

3. Maka akan muncul notifikasi seperti pada gambar berikut ini, untuk melanjutkannya tekan Ctrl+A pada keyboard Anda

4. Kembali ke tab menu Effect > Noise Reduction. Ikuti step by step seperti arahan Audacity, yang pertama pilih Get Noise Profile setelah itu baru mengatur noise reduction (dB), sensivity, dan frequency smoothing (bands)

5. Sebelum export silahkan putar dulu audionya untuk melihat hasilnya
6. Bila sudah pas maka pilih Export (jangan Save Project), caranya buka tab menu File > Export > Export as MP3.

 

2. Menghilangkan Noise Dengan GoldWave

GoldWave merupakan pemain lama dibidang audio editing, aplikasi ini ada sejak populernya Windows 98 dan bertahan hingga sekarang Windows 10. GoldWave begitu digemari oleh para editing karena kemampuannya yang powerfull. Tampilannya sangat user friendly sehingga mudah dipahami oleh pengguna baru sekalipun.

Berbeda dengan Audacity yang bisa didapatkan secara gratis, untuk GoldWave harus membeli lisensinya. Meski begitu Anda tetap bisa menggunakan GoldWave untuk versi trialnya. Fitur Noise Reduction yang terdapat pada GoldWave mampu menghilangkan atau mengurangi nosie dengan pengaturan penggunaan frequency suara. Baiklah berikut ini adalah cara menghilangkan noise dengan GoldWave.

1. Jalankan GoldWave, bila belum punya silahkan download di sini
2. Buka file audio hasil rekaman Anda yang terdapat noise, silahkan klik icon Noise Reduction seperti yang diberi tanda panah berikut ini

Cara mengurangi noise dengan GoldWave

3. Pilihan untuk menghilangkan noise ada 3 yaitu Use Shape, User Current Spectrum, dan User Average. Lebih mudah gunakan yang Use Current Spectrum kemudian pilih Presets

4. Noise berhasil dihilangkan, sekarang coba putar file audio tersebut
5. Bila sudah pas maka simpan dengan cara pilih tab menu Edit > Copy to > Kasih nama file dan pilih Save as type MP3.

Demikianlah informasi cara menghilangkan noise menggunakan Audacity dan GoldWave, semoga bermanfaat untuk Anda khususnya yang ingin belajar edit suara. Bila ada yang kurang jelas dan perlu ditanyakan silahkan tinggalkan pesan melalui kolom komentar di bawah ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.