Cara Menghilangkan Noise Pada Audio Video

Posted on

Tutorial cara menghilangkan noise pada audio dan video sangat penting sekali untuk Anda yang mendalami profesi sebagai filmmaker dan content creator YouTube. Sebelum mengunggah video ke YouTube harus diedit dulu biar hasilnya pas sesuai keinginan termasuk yang berkaitan dengan suara.

Audio yang direkam menggunakan alat seadanya seperti clip-on murahan dan microphone bawaan hape maka suara bising atau berisik dari lingkungan sekitar makin tinggi apalagi di keramaian seperti pinggir jalan raya dan pasar. Cara mengurangi suara bising pada rekaman audio bisa menggunakan mic yang kualitasnya bagus, namun harganya cenderung mahal.

Suara bising seperti yang telah dijelaskan tersebut dinamakan noise. Daripada membeli mic yang harganya mahal sebaiknya silahkan edit audionya untuk mengurangi noise. Salah satu aplikasi yang mempunyai kemampuan untuk mereduksi noise adalah Wondershare Filmora.

Wondershare Filmora adalah aplikasi video editing yang sangat user friendly, bahkan untuk pemula sekalipun. Meskipun aplikasi ini diciptakan untuk mengedit video namun kemampuan tool audionya cukup mumpuni. Sekilas tampilannya sangat sederhana padahal dibalik itu meyimpan fitur andalan yang dibutuhkan oleh filmmaker dan content creator.

Baca: Cara Menghilangkan Noise dengan Audacity dan GoldWave

Suara yang Anda rekam bersamaan video atau audionya saja bila hasilnya bising maka noise bisa dikurangi dengan Wondershare Filmora. Penasaran ingin tahu caranya seperti apa? silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Cara Menghilan Noise Audio Dengan Wondershare Filmora

1. Jalankan Wondershare Filmora kemudian Import file audio/ video
2. Setelah file masuk ke dalam Media maka drag/ geser ke timeline Wonershare Filmora
3. Silahkan putar untuk mendengarkan noise pada audio/ video. Cara menghilangkan noise cukup klik 2 kali pada timeline Audio hingga muncul pengaturan seperi ini

Cara mengurangi suara noise

4. Beri tanda centang pada Remove background noise, selain itu Anda bisa memilih 3 level remove yaitu Weak, Mid, dan Strong. Di sini TERAA.NET merekomendasikan Mid (middle) karena ouput suaranya paling pas setelah dihilangkan noisenya
5. Jangan lupa pilih OK unuk menyimpan pengaturan tersebut dan lanjutkan editingnya.

Demikianlah informasi cara menghilangkan noise pada audio/ video, khusus untuk file audio selain pakai Wondershare Filmora bisa menggunakan Audicaty atau Golwave.

Baca: Cara Membuat Automatic Shutdown Pada Wonderhsare Filmora


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.