Cara Menurunkan CPU Usage 100%

Posted on 17 views

CPU Usage 100% mengindikasikan bahwa prosesor bekerja dengan beban penuh seperti menjalankan game, rendering video, dan rendering program. Namun terkadang dijumpai suatu masalah dimana CPU Usage rata-rata 100% padahal tidak sedang menjalankan aplikasi berat, hanya bekerja dengan program office. Bila seperti itu ada yang tidak beres dengan komputer Anda dan cari tahu cara menurunkan CPU Usage.

Sebelum menuju pembahasan lebih lanjut perlu dijelaskan bahwa CPU Usage untuk komputer dekstop/ PC berbeda dengan laptop sehingga bila dibandingkan keduanya tidak aple to aple. Ada beberapa hal yang menyebabkan kenapa berbeda seperti sirkulasi udara dan heatsink yang digunakan.

Untuk laptop dalam penggunaan wajar, CPU Usage diangka 70% sangat wajar, namun untuk PC tidak wajar dan harus memikirkan bagaimana cara menurunkan CPU Usage. Anda dapat mengecek dengan menekan Ctrl + Alt + Del secara bersamaan kemudian lihat pada menu tab “Perfomance” pada Task Manager sehingga tampil seperti ini.

CPU Usage Intel Core i5 4690K Mencapai 100%

Gambar di atas menunjukkan penggunaan prosesor Intel Core i5 4690K secara normal dengan grafik yang wajar. Sebelumnya selalu menunjukkan angka 100% namun setelah diketahui penyebabnya dan diatasi turun menjadi kisaran 3% hingga 30% dalam penggunaan wajar. Untuk gaming dan rendering baru menyentuh angka 40% hingga 50%.

 

Penyebab Kenapa CPU Usage 100%

Seperti yang telah dijelaskan di atas, penyebabya karena sirkulasi udara yang berasal dari dalam casing maupun pendingin pada CPU. Bila sirkulasi udara buruk maka prosesor cepat panas sehingga CPU Usage menyentuh angka 100%.

 

Menurunkan CPU Usage

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga suhu prosesor diangka yang aman sehingga CPU Usage dibawah 100%:

 

1. Gunakan CPU Cooler Yang Baik

CPU Cooler bawaan prosesor hanya mampu menjaga suhu diangka aman untuk prosesor low end, untuk prosesor hight end sudah tidak disertai CPU Cooler sehingga harus membelinya sendiri.

Bila saat ini sedang menggunakan CPU Cooler bawaan prosesor coba ganti CPU Cooler dari pihak ketiga, insyaAllah mampu menurunkan suhu prosesor sehingga CPU Usage jadi turun.

 

2. Ganti Kipas CPU Cooler

Sudah menggunakan CPU Cooler sendiri namun CPU Usage masih tinggi, coba ganti kipasnya. Beli kipas CPU Cooler yang mempunyai putaran cepat sehingga bisa mendinginkan prosesor. Jangan sampai salah memasang arah kipas, yang benar meniup sirip-sirip aluminium/ tembaga pada CPU Cooler bukan mengarah ke luar.

Baca: Menurunkan Suhu Prosesor Dengan Mengganti Fan CPU Cooler

 

3. Ganti Pasta Prosesor

Penggunaan pasta prosesor yang buruk juga mempengaruhi suhu prosesor. Jangan gunakan pasta yang harganya 5 ribuan, beli pasta yang mahal karena kualitasnya bagus.

 

4. Perbaiki Kesalahan Memasang CPU Cooler

Kesalahan pemasangan seperti tidak melepas plastik pelindung yang bersentuhan dengan prosesor juga bisa menyebabkan panas. Meskipun telah diberi pasta suhu tetap panas karena terhalang plastik yang menuju heatsink. Sebelum memasang CPU Cooler yang baru pastikan telah mengelupas/ melepasnya.

 

5.  Atur Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara yang buruk di dalam casing bisa menyebabkan prosesor cepat panas. Ketika merakit PC pastikan ada udara masuk dan udara keluar. Bisanya udara masuk melalui kipas depan, udara keluar melalui kipas belakang. Jangan sampai kipasnya menyedot udara namun tidak dibuang dan begitu juga sebalinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.