Cara Install Chromium Browser di Ubuntu

Posted on 24 views

Chromium merupakan mesin perambahan terbaik di Linux dan bisa dijadikan alternatif pilihan selain Mozilla Firefox. Menginstall browser lebih dari satu itu sangat menguntungkan sekali terutama untuk Anda yang terbiasa bekerja online dengan membuka banyak tab.

Install Chromium di Ubuntu dan turunannya itu mudah sekali, setidaknya ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan browser tersebut. Yang pertama melalui terminal Linux dan kedua Ubuntu Software. Pengguna Linux yang telah lama memakai Ubuntu pasti tahu cara installnya, namun bagi mereka yang baru menggunakan Linux wajib diberi informasi cara install Chromium Browser.

Chromium dikembangkan menggunakan kode yang sama dengan Google Chrome. Kedua browser memiliki tampilan yang mirip cuma beda warna, Chromium cenderung berwarna biru sedangkan Chrome perpanduan logo Google (biru, merah, kuning, hijau).

Dukungan plugin yang terdapat pada Chrome bisa diaplikasikan di Chromium, meski begitu ada beberapa perbedaan yang membuat keduanya tidak sama. Perbedaan tersebut adalah tidak adanya fitur Toko Web Chrome pada Chromium dan hanya mendukung codec Vorbis, Theora, WebM untuk tag audio dan video HTML5. Google Chrome mendukung ini dan juga codec yang terbebani paten seperti AAC dan MP3.

 

Install Chromium Melalui Terminal Linux

Terbiasa menggunakan terminal Linux untuk install program itu sangat penting sekali supaya rasanya dapat. Untuk cara pertama download dan install Chromium Browser melalui terminal. Sebelum menuju tahap eksekusi, pastikan komputer telah terhubung dengan internet kemudian jalankan terminal Linux.

Perintah install Chromium Browser adalah sebagai berikut, tunggu proses installasi hingga selesai kemudian jalankan Crhomium Browser.

sudo apt install chromium-browser

 

Install Chromium Melalui Ubuntu Software

Selanjutnya Anda bisa memanfaatkan Ubuntu Software untuk download dan install Chromium Browser, caranya buka Ubuntu Software kemudian ketik “Chromium” tanpa tanda kutip di pencarian aplikasi. Klik install dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Setelah berhasil coba jalankan Chromium Browser dengan klik icon Chromium seperti pada gambar di bawah ini.

Menjalankan Chromium Browser di Ubuntu

Baca: Cara Install GNOME Tweaks di Ubuntu
Baca: Cara Install AMD Driver di Ubuntu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.