Cara Mengaktifkan Color Filter Windows 10

Posted on

Color Filter adalah fitur terbaru yang terdapat pada Windows 10 versi 1809 build 17763.557. Sebelum mencoba fitur ini sebaiknya Anda update dulu sistem operasinya sehingga bisa merubah tampilan Windows 10. Patch updatenya bisa Anda download KB4503327 (OS Build 17763.557) dari situs resminya Microsoft.

Belakangan ini Microsoft lagi fokus pada pengembangan user interface Windows 10, meski begitu tidak mengkesampingkan peningkatan keamanannya. Selain Color Filter juga disematkan fitur Dark Mode yang memungkinkan pengguna Windows merubah tampilan terang menjadi gelap.

Bedanya Color Filter dan Dark Mode terletak pada iconnya. Ketika mengaktifkan Color Filter maka tampilan icon dan warna window jadi berubah sesuai dengan filter yang dipilihnya. Di sini Microsoft menyertakan 3 pilihan filter warna yaitu Inverted, Grayscale, dan Grayscale Inverted.

Baca: Cara Mengaktifkan Tema Gelap (Dark Mode) Windows 10

Selain 3 pilihan Color Filter tersebut, Anda juga bisa memilih filter lain seperti Rad-Green (green weak, deuteranopia), Red-Green (red weak, protanopia), dan Blue-Yellow (tritanopia).

 

Cara Menggunakan Color Filter Windows 10

1. Klik kanan pada sembarang dekstop, kemudian pilih Personalize
2. Personalization > pilih Colors
3. Colors > geser ke bawah hingga menemukan tulisan Related Settings > klik Hight Contrast Settings
4. Perhatikan gambar berikut ini, aktifkan Color Filters dengan memberi tanda centang pada Allow the schortcut key to toggle filter on or off
Merubah Tampilan Windows 10 Dengan Color Filter

5. Silahkan pilih filternya, bisa Inverted, Grayscale, maupun Blue-Yellow
6. Dalam sekejab bila Anda memilih salah satu filter maka warna pada Window akan berubah sesuai filternya.

Menurut TERAA.NET setelah mencoba mengaktifkan Color Filter Windows 10 ternyata perubahan tampilan warna bekerja di semua Window baik itu yang berasal dari bawaan Windows 10 seperti File Xplorer, Control Panel, dan dari pihak ketika seperti Google Chrome.

Warna pada situs web juga mengalami perubahan, dari yang terang menjadi hitam gelap atau sesuai warna filter yang dipilih. Filter ini sebenarnya hanya memanipulasi warna pada layar komputer sehingga kelihatan berubah padahal warna aslinya tetap.

Cara menonaktifkan Color Filter Windows 10 juga cukup mudah, tinggal menghilankan centang pada Allow the schortcut key to toggle filter on or off atau menggeser indikator Turn on Color Filter ke kiri menjadi Off.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.