Aplikasi Video Editing Ringan Untuk Komputer Tua/ Spesifikasi Rendah

Posted on

Kebanyakan pengguna komputer tua atau berspesifikasi rendah mencari aplikasi video editing yang ringan untuk dijalankan. Tentu untuk memilihnya harus mempertimbangkan beberapa aspek yang berkaitan dengan edit video seperti kecepatan edit, proses rendering, dan besarnya aplikasi video editing.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa kebanyakan aplikasi video editing membutuhkan resource tinggi ketika melakukan proses rendering. Yang dimaksud resource di sini adalah kebutuhan kerja software terhadap hardware komputer seperti Prosesor, Memory RAM, dan Graphic Processing Unit (GPU).

Rata-rata komputer tua memiliki ruang penyimpanan yang kecil sehingga ketika dipasang aplikasi edit video kekinian seperti Adobe Premiere Pro CC maka dipastikan cepat penuh. Semakin kecil sisa penyimpanan dalam harddisk maka memperlambat kerja komputer.

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa kecepatan edit dan proses rendering adalah bagian terpenting dalam edit video. Untuk Anda yang ingin belajar video editing harus memahami perbedaan kecepatan edit dan proses rendering.

Kecepatan edit adalah proses menggabungkan beberapa file video, foto, dan lagu menjadi satu file video yang siap untuk diexport. Selain itu proses editing juga mencakup manipulasi video seperti menambahkan efek, memberi title, dan lain sebagainya.

Baca: 7 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Linux

Kumpulan file video, foto, dan lagu yang telah selesai diedit harus disimpan/ export melalui proses rendering. Proses inilah yang membutuhkan waktu lama hingga berjam-jam. Biasanya semakin panjang durasi video maka renderingnya juga lama.

Tips memilih aplikasi video editing yang cocok untuk komputer tua atau berspesifikasi rendah harus menyesuaikan antara aplikasi dan spesifikasi hardware. Dengan begitu maka keduanya bisa berimbang dan bisa mengedit video dengan lancar.

Bicara tentang aplikasi video editing ringan berikut ini TERAA.NET akan memberikan informasinya kepada Anda dengan harapan keingin untuk mengedit video tidak terganggu oleh perangkat komputer. Memang sih aplikasi video editing ringan ini tidak selengkap Adobe Premiere Pro CC namun setidaknya fitur standar yang umum dipakai editor tersedia pada aplikasi ini.

 

5 Aplikasi Video Editing Ringan Untuk Komputer Tua/ Spesifikasi Rendah

Baiklah berikut ini daftar 5 aplikasi video editing ringan yang direkomendasikan untuk Anda, silahkah pilih aplikasi yang dirasa cocok dan mudah dijalankan.

 

1. VideoPad Video Editor

VideoPad Video Editor adalah aplikasi video editing yang paling ringan hingga saat ini, mau dijalankan pada komputer spesifikasi rendah juga berjalan lancar. Memang sih aplikasi ini fitur utamanya adalah edit video namun juga disertakan tool untuk rekam layar komputer.

Anda bisa dengan mudah membuat video tutorial dari remakan yang tampil pada komputer dan langsung mengeditnya. File installer VideoPad Video Editor cukup kecil, hanya 5 MB fiturnya powerful.

VideoPad Video Editor

Proses rendering menggunakan VideoPad Video Editor juga cepat, dalam kedipan mata maka video siap untuk putar. Anda bisa mempercepat proses rendering dengan mengganti Harddisk dengan SSD maka proses rendering video segera selesai.

Download: VideoPad Video Editor

 

2. Windows Movie Maker

Mereka yang menggunakan Windows sebelum tahun 2012 pasti mengenal aplikasi video editing legendaris buatan Microsoft yang bernama Windows Movie Maker. Aplikasi ini dibundle bersamaan paket installasi Windos XP, Vista, dan 7.

Setelah Microsoft merilis Windows 8, aplikasi ini mulai dilupakan karena tidak ada dalam paket installasinya, meski begitu Anda tetap bisa menggunakan Windows Movie Maker sebagai aplikasi video editing ringan untuk komputer tua/ berspesifikasi rendah.

Windows Movie Maker

Fitur yang terdapat pada Windows Movie Maker cukup lengkap seperti cut/ trim, menambahkan title, memberi efek transisi, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menambahkan lagu pada video yang diedit melalui Windows Movie Maker, namun untuk edit audio seperi mengecilkan dan membesarkan suara tidak ada.

Windows Movie Maker cocok untuk Anda yang ingin membuat video sederhana dengan beberapa efek menarik. Tertarik ingin menggunakannya download melalui link berikut ini.

Download: Windows Movie Maker

 

3. Openshot Video Editor

Openshot Video Editor adalah aplikasi video editing open source yang bebas digunakan dan dikembangkan oleh siapapun juga. Video editing ini cukup terkenal di kalangan pengguna Linux dan biasanya dijadikan sebagai daily driver untuk edit video.

Openshot Video Editor

Openshot Video Editor memiliki tampilan sederhana dan mudah dipahami oleh pemula sekalipun. Meskipun kelihatan sederhana namun kemampuannya sangat powerfull. Fitur standar untuk edit video tersedia diaplikasi ini dan yang pasti mempunyai kemampuan untuk menghilangkan background pada objek tertentu dengan fitur chroma key.

Download: Openshot Video Editor

 

4. Kdenlive

Kdenlive adalah aplikasi video editing ringan dengan segudang fitur untuk membuat video seperti di film hollywood. Kelihatannya cukup rumit namun setelah terbiasa menggunakannya jadi mudah. Keunggulan aplikasi ini jika dibandingkan dengan yang lainnya adalah tersedianya Color Grading untuk memberi efek gambar jadi lebih hidup.

Kdenlive

Aplikasi video editing ini juga open source dan awalnya dikembangkan untuk pengguna Linux saja, namun sekarang telah berubah menjadi aplikasi multi platform yang bisa jalan di semua sistem operasi seperi Windows dan Mac OS.

Kdenlive rekomended banget untuk Anda yang ingin menjadi editor profesional. Daripada penasaran langsung dapatkan aplikasinya melalui link download berikut ini.

Download: Kdenlive

 

5. Camtasia

Camtasia pada mulanya adalah aplikasi screen capture namun sekarang telah berevolusi menjadi aplikasi video editing dan capture. Keunggulan aplikasi ini adalah file hasil editing yang telah dieksport ukurannya kecil sekali.

Meskipun hanya beberapa MB saja namun kualitas gambarnya tetap jernih. TERAA.NET yang sering gonta-ganti aplikasi video editing belum ada yang mampu menggantikan Camtasia soal urusan kecilnya file video.

Camtasia

Fitur yang terdapat pada aplikasi Camtasia juga sangat lengkap, Anda bisa menggunakan Color Effect, Animation, Voice Narator, dan Annotation.

Camtasia versi terbaru juga menyediakan puluhan template intro dan outro yang siap diedit. Jika Anda mengingkan aplikasi ini silahkan download melalui link berikut.

Download: Camtasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.