Mengatasi Speaker Laptop Tidak Bersuara

Cara Memperbaiki Speaker Laptop Yang Tidak Bunyi

Posted on

Pernahkah Anda mempunyai masalah pada laptop yang tiba-tiba speakernya tidak berbunyi padahal sebelumnya normal-normal saja. Laptop tersebut tidak jauh dan tidak terkena air tetapi kenapa tidak keluar bunyi saat memutar lagu maupun nonton video.

Bila Anda mempunyai masalah mengenai audio laptop jangan panik dan terburu-buru dibawa ke tukang service, mari perbaiki sendiri dengan membaca artikel ini sampai habis karena akan dijelaskan cara memperbaikinya.

Fungsi speaker pada laptop adalah untuk mengeluarkan suara dari sumbernya seperti mp3 player, video player, dan game. Berbeda dengan komputer dekstop yang rata-rata hanya tersedia soundcardnya saja, untuk laptop speakernya telah tertanam dalam body laptop.

Bila muncul masalah kenapa speakernya tidak berbunyi kemungkinan disebabkan bukan karena hardware yang rusak melainkan software dan pengaturan audio yang tidak sesuai sehingga bunyinya tidak muncul.

Langkah awal setelah mengetahui speaker laptop tidak berbunyi maka cek juga port audio yang menghubungkannya ke speaker aktif. Coba tes suaranya muncul apa tidak, bila berbunyi maka masalah ada pada pengaturan speaker saja.

 

Cara Mengatasi Sound Laptop Yang Tidak Berbunyi

Kembali pada topik artikel, berikut ini adalah cara mengatasi sound laptop yang mati. Setidaknya ada 5 cara yang bisa dilakukan untuk membuat speaker berbunyi lagi. Selengkapnya mari baca dan aplikasikan penjelasan berikut ini.

 

1. Periksa Pengaturan Audio

Untuk membuka pengaturan audio silahkan klik icon Speaker yang berada di sebelah kanan taksbar Windows maka muncul Select Playback Device atau Select Ouput Device. Silahkan pilih device yang tepat sesuai output yang Anda inginkan. Misalnya ingin mendengarkan lagu dari laptop maka devie yang dipilih adalah Speakers (Realtek Hight Definition Audio (SST)).

Select Playback Device

 

Memeriksa pengaturan audio laptop sangat penting sekali terutama bila terhubung dengan LED Projector yang menggunakan port HDMI karena outputnya ada 2 yaitu video dan audio. Tinggal menyesuaikan mau pilih sepaker dari laptop atau projector sebagai outputnya.

 

2. Periksa Driver Audio

Terjadi kesalahan driver untuk speaker laptop sering dialami oleh pengguna yang tidak mempunyai driver khusus untuk laptop yang dimilikinya. Biasa mendownload secara acak tanpa mengetahui chip audio yang tertanam pada laptop, sehingga ketika di install tidak keluar bunyi.

Cara mendownload driver audio yang cocok untuk laptop Anda bisa melihatnya dengan membuka DirectX Diagnostic Tool. Cara ketika “dxdiag” tanpa tanda kutip di pencarian Windows hingga muncul tampilan seperti ini.

DirectX Diagnostic Tool

Pilih tab menu Sound kemudian perhatian yang diberi tanda kuning, itu adalah versi drivernya. Setelah itu buka Realtek Semiconductor untuk mendownloadnya.

 

3. Update Driver Audio

Speaker yang ada pada laptop terhubung dengan chip audio, chip inilah yang mampu menterjemahkan file audio/ video sehingga muncul bunyi pada sepaker. Perusahaan pembuat chip audio yang sering dipakai pada perangkat komputer adalah Realtek Semiconductor.

Supaya bisa mengeluarkan suara yang maksimal chip ini harus didukung driver update. Realtek sendiri juga memberikan update pada driver yang bermasalah sehingga menyebabkan speakernya tidak berbunyi.

Siapa tau masalah audio pada laptop dikarenakan driver yang tidak update maka cara memperbaikinya dengan update driver. Cara updatenya mudah, buka Device Manager > Sound, video and game controllers > klik kanan Update Driver.

Cara Update Driver Audio Realtek

File update driver audio lumayan besar, untuk itu butuh koneksi internet yang stabil supaya cepat updatenya. Setelah selesai update, restart laptop Anda dan coba speakernya.

 

4. Update BIOS

Masalah audio pada laptop bisa disebabkan karena BIOS yang bermasalah, biasanya terjadi kegagalan saat update BIOS yang mengakibatkan hardware tidak berfungsi dengan baik.

Buka official web masing-masing pabrikan latop untuk mendownload BIOS sesuai dengan seri laptop Anda. Setelah update BIOS, InsyaAllah speakernya normal kembali.

Rata-rata pengguna komputer yang mempunyai masalah speaker teratasi dengan Update BIOS. Informasi cara update bisa dibaca melalui link berikut ini.

Baca: Cara Update BIOS Pada Laptop

 

5. Ganti Speaker

Bila Anda sudah menerapkan cara 1 hingga 4 belum berhasil maka kemungkinan speakernya yang rusak. Silahkan ganti speaker laptop di tukang service atau menggantinya sendiri bila mempunyai keahlian itu.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.