Cara Update BIOS

Cara Update BIOS Laptop Dell Tanpa Masuk BIOS

Posted on

Setiap komputer laptop pasti dilengkapi BIOS untuk mengatur semua fungsi dasar dari perangkat keras (hardware) komputer. BIOS merupakan singkatan dari Basic Input Output System yaitu suatu software yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman assembly.

Assembly atau rakitan adalah bahasa pemrograman tingkat rendah yang digunakan dalam pemrograman komputer, mikroprosesor, pengendali mikro, dan perangkat lainnya yang dapat diprogram. BIOS komputer tidak terinstall di harddisk seperti sistem operasi melainkan ada pada chipset BIOS.

Untuk meningkatkan kinerja hardware, masing-masing pabrikan laptop memberi update BIOS yang dapat di download di official webnya seperti miliknya Dell. Kebetulan di sini TERAA.NET juga menggunakan laptop Dell sebagai daily driver untuk ngeblog dan mengerjakan tugas-tugas kantor.

Dell memberi kemudahan kepada para pengguna untuk mengupdate BIOS tanpa masuk booting melainkan cukup dengan menjalankan program berekstensi .exe secara otomatis restart dengan sendirinya dan mengupdate BIOS. Hems kelihatannya mudah bukan? namun kalau belum tahu caranya dan belum paham pasti yang mudah jadi sulit.

Sebelum menuju tahap update BIOS ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti mengenal produk laptopnya seri apa dan atau kode Service yang tercantum di belakang casing laptop. Berikut ini adalah contoh Service Tag Dell 9GWZWJ2 Inspiron 14 3462.

Service Tag Dell

Setelah tahu nomor service tag silahkan catat untuk download BIOS laptop Dell. Berikut ini adalah penjelasan cara update BIOS untuk masing-masing seri laptop Dell.

Cara Update BIOS Laptop Dell Tanpa Booting

Update BIOS tanpa booting artinya update dilakukan di sistem operasi Windows yang sedang berjalan dan bukan pada mode BIOS maupun booting. Berikut ini adalah caranya:

1. Buka Dell Driver & Download kemudian ketik kode service tag laptop Dell milik Anda dan klik tanda panah. Selain melalui deteksi service tag bisa juga memilih detect PC namun khusus komputer dekstop

2. Tunggu beberapa detik sampai sistem mengenali laptop Anda. Setelah terdeteksi pilih Category BIOS supaya ditampilkan updatenya

3. Silahkan download BIOS kemudian jalankan. Bila muncul pesan seperti ini pilih saja OK maka laptop akan restart dengan sendirinya

4. Tunggu proses update BIOS hingga selesai dan lihat hasilnya
5. Selamat kini Anda telah berhasil update BIOS pada laptop Dell.

Pantau terus website Dell Driver & Download untuk mengetahui perkembangan update BIOS. Cara cek versi BIOS silahkan buka/ masuk command promp kemudian ketik perintah berikut ini

systeminfo

Berikut ini adalah hasilnya…

Baca: Cara Masuk BIOS Untuk Masing-Masing Merek Komputer


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.