Menyimpan Gambar .JPEG dan .PNG Pada GIMP Linux

Posted on

GIMP save as jpeg/ png – Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan .jpeg dan .png yang terdapat pada file gambar atau foto karena kedua ekstensi tersebut merupakan format penyimpanan gambar yang cukup popular sat ini dan digunakan sebagai standar hasil jepretan kamera digital.

Apapun yang Anda ambil melalui kamera pasti ekstensi gambarnya .jpeg atau .png. Edit menggunakan program Adobe Photoshop juga bisa disimpan dalam format .jpeg dan .png, namun ketika bekerja menggunakan Linux ekstensi tersebut jarang terdengar lagi.

Sistem operasi Linux mempunyai program pengolah foto yang bernama GIMP, program ini kemampuannya hampir sama dengan Adobe Photoshop pada Windows. Hasil editing GIMP akan tersimpan dalam format .xcf, bukan .jpeg dan .png.

XCF Merupakan singkatan dari eXperimental Computing Facility sebuah format gambar hasil penyimpanan GIMP. Format gambar ini hasilnya cukup bagus dengan kapasitas penyimpanan kecil, berbeda dengan .png yang mencapai 1 hingga 2 MB lebih.

Baca: Cara Resize dan Crop Gambar di GIMP

Mereka yang baru pertama kali menggunakan GIMP merasa resah karena tidak bisa menyimpan kedalam format .jpeg dan .png supaya bisa dibuka pada semua sistem operasi dan tidak terbatas di Linux saja. GIMP mempunyai kemampuan untuk mengeksport file .xcf menjadi .jpeg dan .png namun mereka banyak yang belum mengetahuinya.

Melalui tulisan ini TERAA.NET mencoba menjelaskan kepada Anda cara menyimpan hasil edit GIMP kedalam format .jpeg dan .png dari menu export. Selengkapnya silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Cara Export File .XCF GIMP Kedalam Format .JPEG dan .PNG

1. Silahkan buka GIMP (GNU Image Manipulation Program) kemudian buka gambar yang akan diedit
2. Setelah selesai edit jangan simpan melalui Save… atau Save As… melainkan pilih Export As…seperti pada gambar berik ini

3. Ketik nama file gambar atau foto yang akan Anda simpan, jangan lupa memilih Select File Type > pilih salah satu format misalnya .jpeg atau .png
4. Langkah terakhir menyimpannya dengan memilih button Export
5. Selamat kini Anda berhasil menyimpan edit GIMP kedalam format .jpeg atau .png

Baca: Cara Memunculkan atau Mengembalikan ToolBox GIMP


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.