Cara Mengembalikan atau Memunculkan ToolBox GIMP

Posted on

GNU Image Manipulation Program atau yang disingkat GIMP adalah aplikasi pengolah gambar terbaik di platform Linux. Aplikasi ini cukup terkenal di kalangan Linux karena kemampuannya yang powerfull setara dengan Adobe Photoshop.

GIMP merupakan aplikasi multi platform yang bisa dijalankan di semua sistem operasi. Mau menggunakan Linux ataupun Windows juga bisa, oleh karena itu aplikasi ini bisa dijadikan alternatif pilihan selain Adobe Photoshop. Daripada menggunakan aplikasi bajakan mari beralih ke GIMP.

Di sini TERAA.NET tidak akan menjelaskan GIMP secara menyeluruh karena Anda bisa download dan mempelajarinya sendiri. Fokus pembahasannya adalah pada permasalahan yang kerap muncul ketika menggunakan GIMP seperti hilangkanya ToolBox.

ToolBox merupakan kumpulan tool yang terdapat pada GIMP, tanpa ToolBox Anda tidak bisa melakukan edit foto menggunakan GIMP. Tool ini mencakup Crop, Erase, Clone, Text, Move Tool, dsb.

Hilangya ToolBox pada GIMP biasanya disebabkan oleh penggunanya sendiri terutama yang baru memakainya. Niatnya sih ingin menutup jendela aplikasi satu-persatu, ternyata ketika dibuka kembali ToolBoxnya hilang.

Baca: Cara Install XnView, Aplikasi Penampil Foto Terbaik di Linux

Selain itu disebabkan karena menutup ToolBox yang dianggap mengganggu ketika melakukan editing. Kenapa mengganggu? karena ToolBox GIMP ditampilkan secara melayang (floating), sehingga ketika jendela editor full size maka gambarnya tertutup tool.

Yang mengalami permasalah ini banyak sekali, mungkin Anda sebagai pembaca juga pernah mengalaminya. Mulai sekarang bila hal itu terjadi lagi jangan panik dan uninstall GIMP karena akan dijelaskan cara menampilkan ToolBox yang hilang.

 

Cara Menampilkan ToolBox GIMP (GNU Image Manipulation Program)

1. Jalankan GIMP hingga jendela GNU Image Manipuation Program terbuka
2. Pilih tab menu Edit > Preferences > Window Management

Cara Menampilkan ToolBox GIMP

3. Windows Management > pilih Reset saved windows positions to default values
4. Simpan perubahan dengan memilih OK
6. Silahkan tutup GIMP dan jalankan kembali maka ToolBoxnya telah muncul.

How to Reset ToolBox GIMP on YouTube

Demikianlah informasi cara mengembalikan atau memunculkan kembali ToolBox yang hilang pada GIMP. Semoga informasi ini bisa menjawab permasalahan Anda tentang GIMP khususnya yang berkaitan dengan ToolBox.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.