USB LAN Adapter, Pengganti atau Penambah LAN Ethernet

Posted on

USB LAN Adapter adalah alat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dekstop/ laptop dengan kabel jaringan. Komputer bisa terhubung dengan internet bisa melalui 3 cara yaitu menggunakan LAN, Wireless, dan bluetooth. LAN Ethernet biasanya dipakai di lab komputer, kantor, maupun di rumah yang sifatnya tetap.

Yang dimaksud tetap di sini adalah komputernya tidak dibawa kemana-mana atau disitu saja (statis). Berbeda dengan Wireless yang bisa digunakan dimanapun juga asalkan masih dalam jangkauan sinyal Wifi. Itulah perbedaan dasar jaringan kabel (LAN) dan nirkabel (Wireless) dimana keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jaringan kabel unggul dari segi kecepatan karena bandwidthnya tidak hilang dalam perjalanan seperti yang ada pada jaringan Wifi, namun kalau mau fleksibel menggunakan Wireless adalah solusinya.

Baca: Fungsing Kensington Lock Pada Laptop

Kembali lagi pada topik artikel, jadi USB LAN Adapter ini mempunyai 2 fungsi yaitu sebagai pengganti atau penambah LAN Ethernet yang terdapat pada komputer dekstop/ laptop. Selengkapnya silahkan baca penjelasannya berikut ini.

USB LAN Adapter Sebagai Pengganti LAN Komputer Yang Rusak

USB LAN Adapter UnnLink
USB LAN Adapter UnnLink

Ketika membeli komputer dekstop/ laptop telah dilengkapi LAN Ethernet yang langsung bisa digunakan untuk internetan menggunakan kabel jaringan. Seiring lamanya pemakaian tidak menutup kemungkinan LAN Etehernetnya rusak dan harus diganti yang baru. Daripada ribet membawanya ke bengkel komputer sebaiknya gunakan saja USB LAN Adapter. Cara menggunakannya juga mudah, tinggal tancapkan ke port USB dan kabel jaringan dihubungan ke USB LAN Adapter.

USB LAN Adapter Solusi Untuk Laptop Yang Tidak Dilengkapi LAN

Solusi laptop yang tidak dilengkapi LAN dengan USB LAN Adapter
Solusi laptop yang tidak dilengkapi LAN dengan USB LAN Adapter

Tahukah Anda bahwa rata-rata laptop keluaran terbaru telah mentiadakan LAN Ethernet, sebagai penggantinya hanya mengandalkan jaringan Wifi. Karena tidak dilengkapi LAN maka ketika ingin menghubungkan laptop dengan kabel jaringan tidak bisa. Supaya bisa menggunakannya harus membeli USB LAN Adapter.

Alat ini di pasaran dijual mulai harga 50 ribuan hingga 200 ribuan, tergantung merek dan spesifikasinya. Semakin mahal biasanya kualitasnya bagus seperti yang berlaku pada hukum ekonomi. Mau beli secara online maupun offline dengan datang langsung ke toko yang jual sparepat komputer juga banyak.

Baca: Fungsi HDMI to VGA Converter Pada Perangkat Komputer


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.