XnView MP Linux Mint and Ubuntu

Cara Install XnView MP di Ubuntu dan Linux Mint

Posted on

XnView MP adalah aplikasi multi platform penampil foto, resizer, dan converter terbaik yang pernah ada saat ini. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang menggunakan sistem operasi Ubuntu dan Linux Mint untuk menampilkan foto dan edit secara cepat. Pokoknya bisa dijadikan alternatif penampil foto selain bawaan Linux.

XnView MP disebut aplikasi multi platform karena tersedia untuk Windows, Linux, dan Mac OS. Sebenarnya aplikasi ini berbayar bila digunakan pada Windows dan Mac OS, namun gratis untuk Linux. Karena gratis inilah bisa dimanfaatkan sebaik mungkin sebagai penampil foto dan edit sederhana.

Kemampuan edit sederhana meliputi resize, crop, pengaturan kecerahan warna, dan konvert. Fitur ini cukup membantu Anda bekerja di depan komputer seperti menulis artikel blog dimana membutuhkan editing foto sederhana sebelum diinsert pada postingan artikel.

Baca: 7 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Linux

Cara Install XnView MP Melalui Linux DEB

Cara paling mudah install XnView MP pada Ubuntu dan Linux Mint adalah memakai installer versi .deb. Kalau di Windows sama halnya dengan aplikasi yang menggunakan ekstensi .exe dimana untuk install tinggal klik 2 kali. Caranya adalah silahkan buka official websitenya XnView MP, kemudian download versi Linux.

Tersedia 2 pilihan deb package or tgz archive, pilih yang 64 Bit atau 32 Bit. Tunggu proses download hingga selesai kemudian klik 2 kali pada XnViewMP-linux-x64.deb. Setelah berhasil install, Anda siap menggunakan XnView MP.

Cara Install XnView MP Dari Terminal Linux

Cara install selanjutnya adalah melalui terminal Linux, berikut ini perintahnya dibedakan menjadi 2 yaitu yang menggunakan arsitektur 64 Bit dan 32 Bit. Sesuaikan dengan sistem operasi Ubuntu atau Linux Mint memakai versi 64 Bit atau 32 Bit.

Ubuntu dan Linux Mint 64 Bit

sudo apt-get install gdebi
wget http://download.xnview.com/XnViewMP-linux-x64.deb
sudo gdebi XnViewMP-linux-x64.deb

Ubuntu dan Linux Mint 32 Bit

sudo apt-get install gdebi
wget http://download.xnview.com/XnViewMP-linux.deb
sudo gdebi XnViewMP-linux.deb

Cara Remove XnView MP

sudo apt-get remove XnViewMP

Demikianlah informasi cara install XnView MP pada Ubuntu dan Linux Mint. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari aplikasi penampil foto terbaik mirip ACDSee Photo Software.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.