7 Aplikasi Edit Video Linux Terbaik Yang Wajib Dicoba

Posted on 535 views

Aplikasi edit video Linux terbaik sebenarnya macamnya banyak sekali namun hanya sedikit orang yang mengetahuinya. Ada beberapa alasan kenapa aplikasi editing di Linux kurang populer dikarenakan sedikitnya pengguna sistem operasi berlogo burung pinguin tersebut jika dibandingkan dengan Windows. Yang paham tentang aplikasi Linux hanya mereka yang tergabung dalam komunitas saja, untuk pengguna baru pasti bertanya-tanya.

Aplikasi edit video Linux juga mempunyai fitur yang tak kalah menarik dengan Adobe Premiere Pro dan sejenisnya sehingga mereka yang terbiasa menggunakan Linux enggan pindah memakai sistem operasi lain. Keuunggulan aplikasi edit video di sini adalah gratis, tidak ada yang berbayar karena semuanya Open Source.

Mereka yang menggunakan aplikasi edit video di Linux rata-rata yang menghargai hak cipta orang lain daripada menggunakan editing video bajakan atau hasil crack. Istilahnya lainnya halal dipakai untuk bekerja dan lebih berkah.

Baca: 5 Aplikasi Screen Recorder (Perekam Layar) Terbaik Untuk Linux

Aplikasi edit video yang ada di Linux sama mudahnya dengan yang ada di Windows, hanya butuh pembiasaan 1 hingga 2 hari pasti sudah mahir. Namanya barang baru pasti menyesuaikan dengan menu editing yang ada, setelah itu gampang menjalankannya. Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, berikut ini ada 7 aplikasi video editing Linux terbaik yang wajib dicoba.

 

Daftar Aplikasi Video Editor Terbaik Untuk Linux

 

1. Kdenlive

Aplikasi Edit Video Linux Terbaik - Kdenlive

Kdenlive adalah aplikasi editing video yang dikembangkan oleh komunitas yang sama yang mengembangkan KDE. Kdenlive adalah video editor yang tidak hanya dikembangkan untuk linux, namun juga untuk freeBSD dan Mac.

Kdenlive tersedia untuk banyak sistem linux, mulai dari Archlinux, Debian, Fedor, Ubuntu, elementary OS, Gentoo, dan lain-lain. Jika tertarik untuk memasang Kdenlive, kamu bisa langsung mengunjungi halaman resminya disini.

Download Kdenlive

 

2. Lightworks

Aplikasi Edit Video Linux Paling Ringan - Lightworks

Sejauh ini, Lightworks adalah aplikasi editing video gratis terbaik yang ada di planet bumi. Hal tersebut terbukti dari banyaknya film yang di edit menggunakan aplikasi Lightworks. Beberapa film seperti The Wolf of Wall Street, LA Confidential, Pulp Fiction, Heat, Road to Perdition, Hugo, The King’s Speech dan masih banyak lagi.

Dengan umur pengembangan yang telah mencapai lebih dari 25 tahun, Lightworks adalah aplikasi editing video yang sudah sangat komplit dengan berbagai tools serta menu yang mempermudah editing video dan film.

Download Lightworks

 

3. Cinelerra

Cinelerra Video Editor Linux

Cinelerra telah dikembangkan dari tahun 1998 dan kini telah mencapai versi 6. Menurut informasi yang ditampilkan di website resminya, Cinelerra telah di unduh sebanyak 5 juta kali. Sama seperti Lightworks, Cinelerra juga aplikasi editing video untuk film.

Terdapat banyak sekali tools yang berguna untuk membuat film kamu menjadi lebih menarik seperti efek-efek, menu edit, pemberian teks, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mendownload Cinelerra disini.

Download Cinelerra

 

4. FlowBlade

FlowBlade Video Editor Linux

Lightworks, dan Kdenlive adalah aplikasi editing video yang powerull dan populer digunakan oleh para pengguna Linux. Namun di dunia open source, selalu banyak pilihan aplikasi yang bisa digunakan. Aplikasi editing video lain yang tidak kalah powerfull adalah Flowblade.

Menurut para pengembang utamanya, Flowblade dikembangkan dengan tujuan untuk menjadi aplikasi editing video yang cepat, presisi, dan juga dapat diandalkan. Terdapat banyak sekali tools dan efek yang siap digunakan di FlowBlade.

Download FlowBlade

 

5. Openshot

Openshot Video Editor Linux

Openshot juga merupakan aplikasi editing video yang tidak kalah powerfull seperti Lightworks dan Kdenlive. Hal tersebut terbukti dengan Openshot memenangkan penghargaan sebagai aplikasi open source terbaik dalam kategori aplikasi editor video.

Beberapa kelebihan Openshot antara lain adalah Cross-Platform (Linux, Windows, dan macOS), Trim dan Slice, Animation dan Keyframes, Unlimited Tracks, Video Effects, Title Editor, Audio Waveforms, 3D Animations, Slow Motion dan Time Effect, dan masih banyak lagi. Openshot juga tersedia dalam lebih dari 70 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Download Openshot

 

6. Shotcut

Shotcut adalah aplikasi editing video yang mempunyai tampilan menarik karena seperti media player yang digabung dengan editor. Tampilannya sangat sederhana, mudah digunakan namun fitur yang ditawarkan sangat mengagumkan.

Kelebihan Shotcut adalah mendukung ratusan format audio video, jadi semua file video dapat Anda buka dengan aplikasi ini tanpa onvert terlebih dahulu.

Download Shotcut

 

7. Pitivi

Pitivi adalah aplikasi editing video yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman Phyton, Anda bisa mendownlad dan install melalui terminal Linux. Keunggulan Pitivi adalah mudah mengkompilasikan berbagai macam video jadi satu.

Download Pitivi

4 comments

    1. Tapi sayangnya dukungan hardware kebanyakan masih untuk Windows, banyak perangkat yang nggak bisa berjalan lacar seperti printer. Solusinya gimana bos…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.