5 Aplikasi Screen Recorder (Perekam Layar) Terbaik Untuk Linux

Posted on

Screen recorder Linux atau screen cast adalah aplikasi yang digunakan untuk merekam layar komputer. Hasil rekaman tersebut berupa file video (audio + visual), berbeda dengan screenshot yang hanya menangkap gambar saja (visual).

Semua objek yang tampil pada layar Linux dapat direkam dengan screen recorder, aplikasi ini juga mampu merekam suara Anda sendiri dari mikrofon. Jadi bila Anda sebagai seorang YouTuber atau praktisi komputer yang ingin membuat video dari objek yang tampil pada Linux wajib menginstall aplikasi screen recorder.

Aplikasi perekam layar pada komputer Linux banyak sekali ragamnya, Anda bisa download langsung melalui Software Center atau Terminal Linux. Namun sebelumnya harus tahu dulu aplikasi apa saja yang bisa rekam video pada Linux.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, TERAA.NET berbagi informasi aplikasi terbaik screen recorder untuk Linux. Selengkapnya silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Daftar Aplikasi Perekam Layar Terbaik Untuk Linux

1. Kazam Screencast

Cara rekam video pada layar komputer Linux

Kazam Screencast begitu terkenal di kalangan pengguna Linux, aplikasi ini selalu jadi pilihan utama untuk merekam video pada layar komputer. Dalam paket installasinya, Kazam telah include dengan aplikasi Screenshot untuk mengcapture gambar pada layar.

Untuk beralih mode screencast atau screenshot cukup dengan memilih tab menu pada aplikasi Kazam. Meskipun tampilannya sederhana, namun mampu menghasilkan video dengan beragam format dan telah mendukung video VP8 / WebM.

Download Kazam Screencast

2. Simple Screen Recorder

Software perekam layar pada Linux

Selanjutnya ada Simple Screen Recorder sebagai alternatif selain Kazam. Kelebihannya adalah mampu merekam layar dengan objek gerakan cepat seperti bermain game. Selain itu juga bisa rekam cursor dan audio. Simple Screen Recorder mempunyai tampilan yang benar-benar simpel seperti namanya.

Selain mampu merekam gerakan cepat, tersedia juga pilihan screen/ resolusi video yang direkam. Fitur ini cukup membantu Anda untuk menentukan sendiri resolusi yang pas sesuai kebutuhan.

Download Simple Screen Recorder

3. recordMyDekstop

Software Screen Recorder Linux

recordMyDekstop adalah screencast bawaan Linux (Mint dan Ubuntu), Anda tinggal mencari pada daftar menu dan menjalankannya saja. Saat proses rekaman berlangsung, recordMyDekstop hanya sedikit menggunakan CPU sehingga tidak memberatkan komputer. Pokoknya direkomendasikan untuk komputer spesifikasi sedang/ low end.

Cara kerja recordMyDekstop dengan merekam objek seperti perscreenshot kemudian dijadikan satu dalam bentuk video. Setelah rekaman selesai baru diproses jadi video sehingga cukup lama saat rendering.

4. VokoScreen

Software screencast Linux

VokoScreen adalah aplikasi Linux yang mampu merekam objek dari layar komputer dan webcam, selain itu juga bisa rekam suara sendiri menggunakan mic. Anda juga bisa menentukan sendiri seberapa luas objek yang direkam dengan pilihan Fullscreen, Windows, dan Area.

Metode perekamnya merupakan kebalikan dari recordMyDesktop, Anda tidak perlu menunggu proses render setelah menghentikan rekaman karena proses rendering sudah dilakukan bersamaan dengan perekaman.

Download VokoScreen

5. Open Broadcaster Software

Screencast terbaik pada Linux

OBS (Open Broadcaster Software) merupakan perekaman video Linux yang sangat powerfull. Aplikasi ini memanjakan para YouTuber untuk membuat atau edit video menarik, support juga dengan green screen background saat siaran langsung YouTube tanpa perlu mengeditnya lagi.

Download Open Broadcaster Software


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.