Mengatasi File Tidak Bisa di Copy Paste Pada Linux

Posted on

Sistem operasi Linux yang berjalan dual boot dengan Windows tidak bisa 100% berjalan lancar, terkadang muncul masalah baru seperti tidak bisa Copy Paste file. Kalau file tidak bisa dipindahkan maka lama-lama akan memenuhi space harddisk pada partisi tersebut.

Kasus ini banyak terjadi ketika ingin memindahkan file hasil download yang tersimpan pada sistem Linux (biasanya folder download) tidak bisa Copy Paste atau dipindahkan ke drive harddisk lain, misalnya D atau E. Penyebabnya adalah karena drive harddisk tersebut terkunci oleh sistem Windows.

Perlu diketahui bahwa Linux menggunakan 2 jenis partisi yang berbeda yaitu EXT4 untuk sistem dan SWAP untuk memory virtual sedangkan Windows hanya 1 jenis yaitu NTFS atau FAT32. Perbedaan jenis partisi dari kedua sistem operasi inilah yang mengunci drive harddisk pada Linux sehingga file tidak bisa di Copy Paste.

Baca: Install Wine di Ubuntu 18.04.1 LTS atau Linux Mint 19 Tara

Indikator tidak bisa dipindah yaitu dengan tidak aktifnya menu Paste pada lokasi tujuan padahal telah memilih Copy atau Cut. Admin mencoba dengan drag file tersebut ke drive D, malah muncul pesan error seperti berikut ini Error while copying to “DATA” – The destination is read-only.

Supaya bisa Copy Paste/ Move maka harus melakukan perubahan pada pengaturan Power Management Windows. Setelah itu baru bisa Cut, Paste, Move pada drive harddisk di Linux.

Solusi File Tidak Bisa di Copy Paste Pada Dual Boot Linux dan Windows

1. Jalankan boot Windows terlebih dahulu
2 Setelah itu buka Power Options
3. Control Panel Home > Choose what closing the lid does, maka terbuka jendela seperti berikut ini

4. Pilih Change settings that are currently unavaliable

5. Hilangkan centang pada Turn on fast startup (recommended)
6. Pilih Save changes untuk menyimpan perubahan
7. Restart/ Shutdown Windows kemudian masuk ke boot Linux
8. Coba Copy file yang ada di sistem Linux kemudian Paste ke drive D atau E
9. Selamat, file berhasil dipindahkan.

Demikianlah informasi cara mengatasi/ memperbaiki file yang tidak bisa di Copy Paste ke lokasi lain pada sistem operasi Linux. Tested permasalahan tidak bisa Copy Paste pada dual boot Linux Mint dan Windowsn 10.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.