Command Line Copy Paste Ubuntu

Solusi Tidak Bisa Copy Paste ke USB Flashdisk dan Harddisk Eksternal Linux

Posted on

Solusi tidak bisa melakukan copy paste ke USB Flashdisk dan Harddisk Eksternal pada sistem operasi Linux merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Cara Mengatasi File Yang Tidak Bisa di Copy Paste Pada Linux. Perbedaannya dengan yang sekarang adalah terletak pada media penyimpanan yaitu Harddisk Internal, Harddisk Ekstenal, dan USB Flashdisk.

Hampir bisa dipastikan mereka yang menggunakan 2 sistem operasi Windows dan Linux pasti mengalami permasalahan tidak bisa copy paste. Penyebabnya adalah terjadi perbedaan partisi diantara kedua sistem operasi dimana Windows menggunakan format pastisi NTFS sedangkan Linux EXT4.

Perbedaan format partisi membuat membuat drive Harddisk terkunci oleh sistem Linux sehingga tidak bisa melakukan Paste. Parahnya lagi mereka juga tidak bisa memindahkan data ke USB Flashdisk dan Harddisk Eksternal sehingga membuat space drive Linux cepat penuh.

Untuk mengatasi atau memperbaiki permasalahan file tidak bisa di copy paste pada Linux bisa melalui terminal dengan mengetik beberapa baris perintah command line. Selengkapnya silahkan simak penjelasannya berikut ini.

 

Mengatasi Tidak Bisa Copy Paste ke USB Flashdisk

Supaya bisa melakukan copy paste ke USB Flashdisk gunakan perintah command line berikut ini pada terminal Linux

sudo dosfsck -a -v /dev/sdb1

Keterangan: sdb1 adalah letak flashdisk atau sesuaikan letak flashdisk Anda dengan mengecek dengan perintag berikut ini

sudo fdisk -l

Remove USB Flashdisk dan colokan kembali, sicahkan coba untuk copy paste

Mengatasi Tidak Bisa Copy Paste ke HDD (Harddisk/ SSD)

Perintahnya sedikit berbeda dengan USB Flashdisk, untuk Harddisk Ekstenal adalah sebagai berikut

dosfsck -a -v -1 /dev/sdb

Remove Harddisk Eksternal kemudian colokan kembali, lakukan pengujian dengan memindahkan data dari drive Linux ke Harddisk Ekstenal.

Demikianlah informasi cara mengatasi file yang tidak bisa di copy paste ke USB Flashdisk dan Harddisk Ekstenal Linux, semoga informasi ini bisa menjawab permasalahan Anda tentang Linux. Belajar sistem operasi baru tidak cukup dengan sehari atau 2 hari saja, harus sering bertanya dan gabung dikomunitas untuk mendapatkan jawaban atas permasalahan tersebut.

Baca: Cara Install Adobe Photoshop di Ubuntu dan Linux Mint
Baca: Cara Install Microsoft Office di Linux


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.