Cara Install Microsoft Office di Ubuntu/ Linux Mint

Posted on

Salah satu alasan kenapa pengguna Linux menginginkan Microsoft Office ada di sistem operasinya karena menyesuaikan dengan kebutuhan kerja/ kantoran. Di Indonesia sendiri rata-rata menggunakan Windows, kalau toh ada yang menggunakan Linux jumlahnya bisa dihitung dengan jari.

Program office untuk Linux banyak sekali ragamnya namun yang cukup familiar sekarang ini adalah adalah Libre Office dan Open Office Org. File word, excel, dan power point yang dikerjakan pada Microsoft Office bisa dibuka melalui Libre Office namun hasilnya jadi acak-acakan.

Kalau kerjanya sendiri dan data itu hanya Anda yang buka mungkin tak jadi soal kerja dengan Libre Office namun kalau sering tukar data dengan pengguna Microsoft Office maka kerap muncul masalah. Karena alasan itulah mereka menginginkan memasang Microsoft Office di Linux.

Sebenarnya artikel ini merupakan kelanjutan dari Cara Install Adobe Photoshop di Ubuntu dan Linux Mintdan rasanya ada yang kurang bila tidak membagikan Cara Install Microsoft Office di Linux. Kenapa bahasannya hanya fokus pada Microsoft Office dan Adobe Photoshop ? karena kedua program ini yang paling banyak digunakan oleh pengguna sistem operasi berlogo burung Pinguin tersebut.

Cara install Microsoft Office di Linux tidaklah sulit, yang dibutuh Skan hanyalah emulator yang mampu menjalankan program Windows termasuk Office. Sebelum menerapkan tutorial berikut ini silahkan download dulu master installer Microsoft Office, kalau sudah punya lanjut ikuti caranya berikut ini.

 

Cara Install Microsoft Office 2010 di Linux

Supaya Microsoft Office bisa berjalan di Linux maka dibutuhkan emulator yang bernama PlayOnLinux. Silahkan download melalui Ubuntu Software atau terminal Linux dengan perintah sebagai berikut.

sudo apt-get update
sudo apt-get install playonlinux

Setelah PlayOnLinux berhasil di install maka tahap berikutnya adalah install Microsoft Office. Bebas mau pakai versi Office 2007, 2010, 2013, 2016, dan yang terbaru 2019 juga bisa. Caranya adalah sebagai berikut:
1. Jalankan PlayOnLinux > pilih menu Install
2. Tunggu beberapa saat sampai daftar programnya muncul
3. Pilih Office pada deretan tab menu kemudian sesuaikan dengan versinya. Di sini TERAA.NET mencontohkan menginstall Microsoft Office 2010
Cara Install Microsoft Office di Ubuntu

5. Lanjutkan dengan memilih Install
6. Welcom to PlayOnLinux Installation Wizard
7. Please choose an installation method > Use a setup file in my Computer > Next

8. Browse file .exe pada Microsoft Office 2010
9. Lakukan installasi office seperti biasa, kalau muncul notifikasi install Wine silahkan ikuti saja hingga selesai
10. Selamat sekarang Linux Anda ada program officenya.

Cara Aktivasi Microsoft Office 2010 di Linux

Microsoft office merupakan program berbayar sehingga ketika menggunakannya harus membeli lisensi dari Microsoft. Namun dengan adanya PlayOnLinux, Microsoft Office 2010 bisa diaktivasi di Ubuntu dan Linux Mint dengan KMS.

Cara mengaktifkannya silahkan buka PlayOnLinux Install menu, pada list daftar program silahkan pilih Microsoft Office 2010 Activation. Lanjutkan dengan memilih install dan ikuti petunjuknya sampai progamnya siap dijalankan.

Cara Install Microsoft Office di Linux Mint

Demikianlah informasi cara install Microsoft Office di Linux, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi pengguna Linux yang ingin bekerja ala-ala Windows.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.