SSD Caddy, Alat Untuk Menambah Storage Laptop

Posted on

SSD Caddy adalah alat untuk menambah storage pada laptop, cara kerjanya dengan menggantikan optical drive DVD-RW/ VCD-RW yang tidak terpakai sebagai slot untuk SSD atau Harddisk. Alat ini sangat berguna sekali ketika storage device Anda mulai penuh dan menginginkan storage tambahan yang terpasang pada laptop.

Pada umumnya setiap laptop hanya bisa dipasang 1 storage, namun dengan adanya SSD Caddy bisa dipasang menjadi 2 storage. Alat ini dijual dengan kisaran harga 50 ribuan, mudah ditemui di beberapa toko online seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Storage atau media penyimpanan pada laptop ada 2 macam yaitu yang menggunakan Solid State Drive (SSD) dan Harddisk (HDD). Dalam paket pembelian laptop, SSD biasanya dipasang pada laptop mahal seperti kelas gaming sedangkan untuk kelas biasa (low end) hanya menggunakan HDD.

SSD mempunyai kecepatan transfer data lebih cepat dari HDD sehingga membuat booting Windows hanya dalam kedipan mata. Kalau digunakan untuk sistem (drive C) kecepatan read and write mempercepat dalam membuka program aplikasi dan menjalankannya.

Harga SSD dua kali lipatnya HDD, misalnya dengan uang 400 ribuan sudah bisa membawa pulang SSD dengan kapasitas 240 GB sedangkan kalau dibelikan HDD dapat yang 500 GB. Harga ini cukup mendingan daripada tahun-tahun sebelumnya yang di atas 1 juta dan tidak menutup kemungkinan dikemudian hari HDD bakal digantikan SSD dengan harga yang terjangkau.

 

SSD/ HDD Caddy Solusi Menambah Media Penyimpanan Pada Laptop

Laptop yang menggunakan SSD kapasitasnya rata-rata 120 GB dan 240 GB, space sebesar itu kalau digunakan untuk install sistem operasi dan menyimpan data maka sisanya sedikit sekali. Belum lagi bila Anda termasuk pecinta film yang gemar mengoleksi film maka cepat penuh.

Laptop dengan SSD Caddy
SSD Samsung yang terpasang pada SSD Caddy

Daripada harus menggunakan HDD Eksternal setiap kali menyimpan data ganti optical drive dengan SSD/ HDD Caddy sebagai slot untuk storage devices. SSD Caddy ada 2 varian yaitu 9.5 mm dan 12.7 mm.

Ukuran 9.5 mm merupakan ketebalan optical drive, cocok untuk laptop berbody slim seperti keluaran saat ini sedangkan ukuran 12.6 mm untuk laptop jadul yang tebal. Sebelum membeli SSD Caddy ukur dulu ketebalan/ ketinggian optical drive biar tidak salah beli.

SSD Caddy tempat untuk menaruh SSD dan HDD

Dalam paket pembelian SSD Caddy mendapatkan obeng serta bautnya, pokoknya tinggal pasang beres. Oiya alat ini cuma bisa dipakai pada laptop yang ada optical drive DVD-RW/ VCD-RW saja, kalau tidak ada itu tidak bisa dipasang.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.