Memanfaatkan Optical Drive Laptop Menjadi Slod SSD/ HDD

Posted on

Menambah SSD/ HDD Lapop – Banyak produsen laptop yang telah mentiadakan fungsi optical drive DVD-RW/ VCD-RW pada laptop keluaran mereka, alasannya untuk membuat dimensinya menjadi tipis dan mudah dibawa kemana-mana (portable). Dengan tidak adanya optical drive maka file dan master program lebih banyak dibundle dalam bentuk file .ISO yang bisa di download langsung dari internet. Mengenai aktivasi yang membutuhkan serial number tinggal menghubungi creator untuk membelinya.

Coba bandingkan dengan zaman dulu dimana master sistem operasi, master program, dan aktivasinya dijual sepaket dalam bentuk kepingan DVD/ VCD. Sekarang semuanya serba digital yang langsung bisa di download dan disimpan dalam harddisk.

Dari hari-kehari perkembangan teknologi semakin pesat dan yang terbaru adalah diciptakan alat untuk merubah fungsi optical drive menjadi slot SSD. Hadirnya alat ini cukup solutif untuk menambah storage/ media penyimpanan bila SSD/ HDD dalam laptop space-nya mulai penuh. Daripada tidak terpakai atau jarang digunakan manfaatkan sebagai tempat untuk SSD/ HDD.

Baca: SSD Caddy, Alat Untuk Menambah Storage Laptop

Alat yang dimaksud bernama SSD Caddy, bisa untuk SSD dan HDD karena ukurannya sama-sama 2.5 inc. Tersedia 2 pilihan yaitu untuk laptop jadul dengan ketebalan 12.5 mm dan laptop slim dengan ketebalan 9.5 mm. Ukur dulu ketebalan optical drive bisa sudah tahu maka pilih yang 12. mm atau 9.5 mm.

 

Cara Merubah Optical Drive Menjadi Slod SSD/ Harddisk

Mengganti optical drive manjadi SDD/ HDD tidak diperlukan keahlian khusus yang penting Anda bisa membuka casing laptop sudah cukup. Alat yang dibutuhkan adalah obeng kecil, bila membeli SSD Caddy maka di dalamnya sudah iklut obengnya.

Setiap laptop mempunyai cara tersendiri untuk membuka casing belakangnya, ada yang cukup dengan melepas baut bagian belakangnya dan ada yang merngharuskan melepas keyboard baru bisa membuka bagian belakang. Informasi panduan servie ada di official website masing-masing produsen laptop.

Baca: Panduan Service Laptop Dell Inspiron

Panduan membuka casing belakang laptop

Setelah berhasil membuka casingnya langkah selanjutnya adalah melepas optical drive. Ada baut kecil yang mengaitkan optical drive dengan papan komponen, lepas dulu kemudian tarik keluar.

Caddy untuk SSD atau HDD

Taruh SSD/ HDD ke Caddy, jangan lupa kunci dengan baut biar lebih presisi dan tidak goyang. Setelah itu pasang ke laptop Anda dan tutup lagi dengan casing belakang.

SSD Samsung telah terpasang pada Caddy laptop

Demikianlah informasi cara memanfaatkan optical drive laptop menjadi tempat untuk menaruh storage device. Semoga bermanfaat untuk Anda terutama yang menginginkan SSD/ HDD tambahan pada laptop.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.