Membuat Portrait dan Landscape Dalam Satu File Word

Posted on

Dalam mengerjakan laporan tertentu kita terkadang membutuhkan tampilan landscape untuk menaruh tabel yang ukurannya cukup lebar, kalau menggunakan portrait biasanya tidak menampung tabel secara penuh karena ada bagian yang terpotong. Bisa sih dengan cara mengecilkan tabel tapi hasilnya sulit untuk dibaca karena kekecilan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka harus menggunakan mode landscape, bukan portrait. Secara default ketika membuat halaman Office Word baru maka tampilannya adalah portrait (bediri), kalau ingin landscape (tidur) harus merubahnya sendiri di Page Setup.

Kebanyakan pengguna Office Word pada kebingungan bagaimana cara membuat portrait dan landscape dalam satu file Word karena bagai yang tidak tahu caranya ketika merubah jadi landscape yang lainnya juga ikut-ikutan, tidak pada halaman tertentu saja.

Baca: Cara Menampilkan Ruler (Penggaris) Pada Office Word 2019

Bisa sih dengan cara membuat file terpisah dengan membuat halaman landscape namun cara tersebut kurang efisien karena dokumen Anda nantinya akan terdiri dari beberapa file. Melalui tutorial yang diberikan TERAA.NET berikut ini memungkinkan Anda bisa membuat tampilan portrait dan landscape dalam 1 file Word.

 

Cara Membuat Tampilan Portrait dan Landscape Dalam Satu Dokumen Word

Pada contoh kali ini TERAA.NET menggunakan Microsoft Office Word 2016, untuk versi di bawahnya kurang lebih caranya sama. Selengkapnya silahkan simak tutorialnya berikut ini:

1. Buka Office Word kemudian taruh kursornya pada bagian bawah halaman yang akan dipisahkan dengan tampilan landscape/ portrait
2. Lanjut pilih tab menu Layout > Breaks > Next Page. Semua fitur yang berhubungan dengan pengatuan halaman ada di Page Breaks dan Section Breaks
Membuat Portrait dan Landscape Pada Office 2019

2. Buka File > Print > Page Setup > ubah dari Portrait ke Landscape. Simpan perubahan dengan memilih OK

3. Selamat kini Anda bisa membuat tampilan portrait dan landscape dalam satu file Word.

Demikianlah informasi cara membuat landscape dan portrait dalam satu file Word, semoga bermanfaat untuk Anda khususnya yang sering bekerja menggunakan Microsoft Office. Setelah menerapkan cara di atas pasti bisa menyimpulkan ternyata mudah sekali membuat potrai dan landscape tanpa harus membuat file baru.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.