Tes Kecepatan SSD V-GEN 120GB/ 240GB

Posted on

Solid State Drive (SSD) yang dijual di pasaran banyak sekali ragamnya, ada yang perfomanya super cepat, cepat, dan biasa-biasa saja. Mencari informasi kecepatan SSD sangat penting sekali untuk Anda yang ingin membeli baru untuk menggantikan atau menambah media penyimpanan pada komputer/ laptop. Melalui tulisan ini TERAA.NET berbagi informasi kecepatan SSD V-GEN untuk ukuran 120GB/ 240 GB.

SSD V-GEN cukup menarik untuk dibahas karena masih jarang yang membicarakannya. Di official website V-GEN juga tidak dijabarkan secara rinci mengenai fitur-fiturnya sehingga calon pembeli SSD merek lokal ini harus aktif mengumpulkan informasi. Harapannya masalah teknikal seperti ini jangan diabaikan oleh V-GEN supaya pembeli tidak ragu, atau kemungkinan admin webnya yang lagi malas bikin artikel.

V-GEN merupakan pemain lama dibidang storage device, memulai debutnya dengan membuat Micro SD kini beragam periferal komputer seperti Memory, SSD, dan USB Flashdisk telah dibuatnya. Yang perlu Anda tahu bahwa V-GEN sering mengimport chipset bikinan luar negeri seperti miliknya Samsung, jadi lokasi rasa luar negeri.

Untuk SSD V-GEN 120GB/ 240GB ini juga menggunakan chipsetnya Samsung namun dijual dengan harga cukup terjangkau. Kalau ada yang bertanya kenapa produknya V-GEN cenderung murah? karena material pembungkusnya menggunakan bahan plastik, beda dengan Kingston, Intel, Samsung yang memakai besi.

SSD V-GEN dibalut dengan body plastik warna hitam doff kemudian sisi mukanya ditempeli stiker V-GEN, kelemahan casing plastik adalah tidak bisa berfungsi sebagai pendingin dan menghantarkan panas sehingga ketika diuji menggunakan CrystalDiskInfo suhunya lumayan tinggi mencapai 40 derajat Celcius namun masih dalam batas normal.

Suhu SSD V-GEN
Temperatur SSD V-GEN

Silahkan perhatikan gambar CrystalDiskInfo di atas dimana dari 4 drive SSD yang paling panas adalah miliknya V-GEN dengan temperatur 40 derajat celsius, lainnya diangka 30 derajat.

Spesifikasi SSD V-GEN

Sebelum menuju tahap tes kecepatan SSD V-GEN alangkah baiknya bila membaca spesifikasinya berikut ini. Fokus utama pada tulisan yang ditandai huruf tebal karena kecepatan SSD itu dibedakan menjadi 2 macam yaitu read (baca) dan write (tulis).

  1. Read up to 550 MB/s
  2. Write up to 477 MB/s
  3. Interface Sata 3 ( Read speed 505,6 MB/ seconds, Write speed 589 MB/ seconds )
  4. Model Fireball (type terbaru)
  5. Garansi 3 tahun
  6. Tidak ada penjabaran spesifikasi lainnya karena dari pihak V-GEN tidak mencantumkannya.

Tes Kecepatan SSD V-GEN

Tool yang digunakan untuk tes kecepatan SSD ada 2 yaitu CrystalDiskMark dan AS SSD Benchmark. Kedua tool ini sering dipakai oleh teknisi untuk membandingkan kecepatan antar SSD, bila Anda membutuhkannya untuk tes kecepatan SSD di rumah silahkan download melalui link berikut ini.

Download CristalDiskMark
Download AS SSD Benchmark

CrystalDiskMark
Kecepatan SSD V-GEN ketika dites menggunakan CystalDiskMark = Read 482.6MB/s – Write 431.9MB/s
Kecepatan SSD V-GEN ketika dites menggunakan AS SSD Benchmark Read= 438.42MB/s – Write 401.13MB/s

Kecepatan Real (Nyata) SSD V-GEN

Kecepatan yang diklaim V-GEN Read up to 550 MB/s dan Write up to 477 MB/s, kalau dibandingkan hasil tes CrystalDiskMark maka diperoleh Read 482.6MB/s – Write 431.9MB/s yang artinya ada selisih 70 MB/s untuk Read dan 46 MB/s untuk Write.

Angka sedikit berbeda ketika menggunakan AS SSD Benchmark dimana kecepatan Write (401.13 MB/s) lebih tinggi daripada Read (438.42 MB/s), kalau dibandingkan dengan yang diklaim V-GEN selisih 77 MB/s untuk Write dan 112 MB/s untuk Read.

Kesimpulannya, dari hasil kedua tes kecepatan SSD V-GEN menunjukan nilai yang lebih rendah dari yang diklaim V-GEN seperti yang telah dijelaskan di atas. Meski begitu SSD ini layak jadi incaran untuk Anda yang mempunyai dana terbatas, pokoknya harus SSD daripada HDD.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.