6 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Install Linux Mint

Posted on

Mungkin sekarang Anda telah belajar cara install sistem operasi Linux pada komputer dan berhasil melakukannya. Apa yang Anda install tadi sebenarnya sudah cukup untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu yang menggunakan komputer namun tanpa melakukan pengaturan tambahan kinerja komputer Linux tidak bisa berjalan maksimal.

Berikut ini ada 6 yang yang harus dilakukan pengguna Linux setelah berhasil install sistem operasi Linux Mint. Di sini TERAA.NET lebih suka Linux Mint karena kemudahan penggunaannya yang mirip Windows. Pokoknya distro ini cocok sekali untuk Anda yang baru migrasi dari Windows ke Linux.

Lakukan 6 Hal Beterikut Ini Setelah Install Linux Mint

Pedoman yang harus dilakukan setelah install Linux Mint sebenarnya ada pada Welcome Screen ketika sistem operasi ini baru dijalankan namun banyak pengguna yang mengabaikannya. Selengkapnya silahkan simak penjelasannya berikut ini:

1. Mengaktifkan System Snapshots

Linux Mint telah melengkapi tool backup yang bernama System Snapshot, dengan mengaktifkan tool ini memungkinkan pengguna Linux dapat merestore/ mengembalikan sistem bila terjadi error karena disengaja maupun tidak.

System Snapshots bekerja secara otomatis dengan menempatkan minimal 2 snapshots harian, cara mengaktifkannya silahkan bukan Welcome Screen Linux Mint kemudian pilih Launch System Snapshots.

2. Install Driver

Supaya hardware komputer/ laptop dapat bekerja dengan baik maka membutuhkan driver yang suport dengan kernel Linux. Meskipun ada beberapa hardware yang kompatibel namun kebanyakan harus mengupdate secara manual.

Cara update driver Linux Mint silahkan masuk ke menu Driver Manager. Jangan lupa menghubungkan komputer/ laptop dengan internet supaya bisa memilih dan mendownload driver yang cocok dengan hardware Anda.

3. Update Linux Mint

Sistem operasi Linux yang telah dirilis ke publik biasanya telah melalui serangkaian uji coba sebelum benar-benar siap dirilis ke publik, namun dalam pemakaiannya terkadang ditemukan bug dan perlu diperbaiki dengan update sistem Linux.

Update ini meliputi sistem keamanan, kernel Linux, dan perbaikan bug. Anda bisa melakukan update melalui Driver Manager Linux Mint.

4. Download Aplikasi Pendukung

Aplikasi program yang dibundle Linux Mint dalam paket installasinya tidak terlalu banyak dan harus install sendiri sesuai kebutuhan. Mungkin Anda menginginkan program pengolah foto GIMP versi terbaru, pemutar video, dan aplikasi editing audio maka bisa download melalui Software Center dan Terminal Linux.

5. Sesuaikan System Setting

Linux memberi kebebasan kepada pengguna untuk menyesuaikan system setting sesuai seleranya masing-masing. Anda bebas melakukan konfigurasi sistem Linux dan merubah tampilan sendiri melalui System Setting.

6. Aktifkan Firewall

Untuk mengamankan lalulintas jaringan internet yang masuk ke komputer kita maka perlu mengaktifkan Firewall Linux. Dengan mengaktifkan Firewall maka komputer akan melindungi para penyusup yang mencoba masuk dan mengambil alih data yang tersimpan pada komputer.

Baca: Solusi Tidak Bisa Copy Paste ke USB Flashdik dan Harddisk Eksternal Linux


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.