Cara Membuka Task Manager/ System Monitor Linux

Cara Membuka Task Manager Linux (System Monitor)

Posted on

Task Manager adalah aplikasi yang disediakan oleh masing-masing sistem operasi untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan dan resource penggunaan CPU, Memory, dan jaringan. Task Manager pertama kali diperkenalkan oleh Microsoft pada sistem operasi Windows dan diikuti oleh  beberapa sistem operasi lainnya untuk memudahkan penggunaan komputer.

Bagi pengguna Linux yang belum tahu letak Task Manager dan cara membukanya melalui tulisan ini TERAA.NET akan menjelaskan secara rinci kepada Anda. Kalau di Windows masuk Task Manager cukup dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Dell, di Linux perintah tersebut tidak berfungsi.

Cara Membuka Task Manager Linux Ubuntu/ Mint

Cara membuka task manager Linux sangat mudah sekali namun pengguna masih banyak yang belum tahu yaitu dengan membuka aplikasi System Monitor. Silahkan ketik “System Monitor”¬†tanpa tanda kutip pada pencarian maka Task Manager dapat dibukan.

Rincian Task Manager Pada Linux

Task Manager di lingkungan Linux disebut System Monitor karena tugasnya memonitor sistem yang sedang berjalan baik itu mengenai System, Processes, Resource, dan File System. Berikut ini adalah tampilan dan penjabaran mengenai System Monitor pada Linux Mint, untuk distro lain kurang lebih sama.

1. System

System berfungsi menampilkan informasi mengenai seri Linux dan kernel yang digunakan, selain itu juga menampilkan informasi hardware tentang Memory dan Processor. Anda juga dapat melihat sisa space harddisk/ SSD pada file system Linux pada System Status.

2. Processes

Segala informasi mengenai aplikasi yang sedang berjalan pada sistem Linux dapat dipantau melalui Processes. Anda juga bisa menutup/ mematikan aplikasi yang sedang berjalan dengan cara klik kanan kemudian pilih End Process atau Kill Process.

3. Resources

Resources menampilkan penggunaan CPU History, Memory and Swap History, dan Network History. Detail Resources ditampilkan secara apik dengan grafik yang sedang berjalan. Informasi selengkapnya bisa Anda lihat pada gambar di atas.

4. FIle System

File System pada System Monitor Linux menampilkan informasi singkat mengenai jumlah partisi pada drive harddisk/ SSD Linux.

Baca: 6 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Install Linux

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.