ara update MUI 10 Global 8.8.6 Beta

Cara Update MIUI 10 8.8.16 Pada Semua HP Xiaomi

Posted on

Xiaomi secara resmi mengumumkan bahwa telah merilis update MIUI 10 8.8.16 pada awal bulan Juli 2018. Negara pertama yang akan mendapatkan update ini adalah India, untuk negara lain menyusul. Tepat bersamaan dengan hari Kemerdekaan RI yang ke-73, akhirnya Xiaomi memberikan update untuk Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2018.

Xiaomi terkenal sangat royal memberikan dukungan kepada para penggunanya hal tersebut dibuktikan dengan tersedianya update MIUI 10 8.8.16 dari segmen low-end hingga high-end. Terbukti pada Xiaomi Redmi 4A milik TERAA.NET yang dapat update MIUI.

Cara Update MIUI 10 8.8.16

Semua pengguna smartphone Xiaomi yang terhubung internet dengan jaringan Wifi mestinya telah mendapatkan notifikasi update untuk MIUI 10 8.8.16, bila belum Anda bisa mengeceknya sendiri dengan membuka System Update. Caranya silahkan buka menu Settings > About phone > System update, tunggu beberapa saat sampai sistem mengupdate MIUI keluaran terbaru.

Download MIUI 10 8.8.16

Update MIUI 10 8.8.16 sementara masih tersedia untuk Android Nougat, tetapi rencananya dalam waktu dekat akan dikembangkan MIUI 10 berbasis Android Oreo. Jadi kita tunggu saja perkembangan dari Xiaomi, menarik bukan.

15 Fitur Terbaru dari MIUI 10 8.8.16

Di atas telah dijelaskan cara update MIUI terbaru, rasanya ada yang kurang bila tidak membahas fitur apa saja yang disematkan Xiaomi pada MIUI 10 8.8.16. Berikut ini ada 15 fitur terbaru dari MIUI 10 8.8.16 yang wajib Anda ketahui.

1. Kecepatan (Speed)
Xiaomi benar-benar mendesain ulang tampilan OS mereka, hal ini bertujuan untuk mengoptimasi kecepatan dari MIUI sendiri. Pengembang mengoptimasi managemen aplikasi yang berjalan di belakang (background process), kecepatan loading aplikasi, deep sleep recovery, managemen cache, Wi-Fi dan banyak hal lainnya.

Baca: Cara Setting Headphones Xiaomi Sesuai Tipenya

2. Full Display Gesture
MIUI 10 bekerja lebih optimal untuk smartphone dengan rasio screen to body yang tinggi dan bezel minimalis. Transisi antarmuka tersebut dimulai dengan hadirnya MIUI 9.5 yang memperkenalkan fitur gesture swipe atau gerakan navigasi untuk menggantikan tombol perangkat lunak. Jadi ketika menggunakan MIUI 10, Anda tidak akan menemukan tombol back pada bagian bawah layar. Tombol back diganti dengan swipe layar ke kiri.

3. Tampilan Lebih Smooth
Pada dasarnya MIUI 10 didesain untuk Xiaomi yang tidak memiliki bezel dan nyaris full screen. Tampilan ini meliputi Panel Notifikasi, Panel Quick Settings, Gesture, Pesan, Recent Apps dan sebagainya. Hadir dengan wallpaper baru dan tampilan yang juga benar-benar baru, semua panel notifikasi terlihat bersih, rapi, dan mulus. Secara keseluruhan, Anda akan merasakan sensasi yang berbeda pada MIUI 10 dibandingkan MIUI sebelumnya.

3. Pengaturan Menu Lebih Mudah
Pada smartphone Xiaomi yang mendapatkan update MIUI 10, akan disematkan menu yang dapat dikustomisasi agar membuat penggunanya dapat mengatur menu yang terdapat pada smartphone Xiaomi dengan mudah dan cepat.

4. Fitur Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)
Belakangan ini kecerdasan buatan sudah mulai banyak digunakan oleh banyak vendor di seluruh dunia untuk dapat membantu smartphone dengan cerdas, dalam hal kamera, pengelolaan sistem, manajemen konsumsi baterai, pengalaman pengguna, pendeteksi benda, dan masih banyak lagi.

5. Manajemen RAM Lebih Bagus
Kita ketahui bersama bahwa masalah paling sering terjadi di smartphone Android adalah borosnya pemakaian RAM. Untuk itu, Xiaomi berusaha menghadirkan fitur manajemen RAM yang bagus pada MIUI 10 sehingga membuat smartphone berjalan dengan stabil, lancar, dan tidak boros energi.

6. Dukungan Stylus
Smartphone dengan menggunakan Stylus atau pena digital sudah sangat digemari untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk itu, Xiaomi akan memasukkan dukungan stylus pada MIUI 10 agar setiap smartphone Xiaomi yang mendapatkan update ROM ini bisa mendapatkan menggunakan stylus dengan lancar dan memiliki shortcut yang banyak.

7. Mode Berkendara
Pada MIUI 10 juga terdapat fitur baru yakni mode berkendara dan diharapkan fitur tersebut dapat membantu pengguna dalam hal navigasi ketika menggunakan smartphone saat berkendara. Melalui perintah suara, pengguna dapat melakukan perubahan rute, membalas pesan yang masuk, dan menjawab panggilan telepon.

8. Notification Dots
Fitur notification dots memungkinkan pengguna dapat mengetahui pesan atau nofitikasi yang belum dilihat. Jika terdapat pesan yang belum dibaca maka akan muncul lingkaran kecil di sebelah ikon aplikasi.

9. Daya Tahan Baterai Lama
Xiaomi menghilangkan aplikasi dan fungsi-fungsi lainnya yang tidak penting dapat membantu untuk memanajemen baterai agar dapat memiliki daya tahan yang lebih baik lagi.

10. Suara (Sound and Ambient Noises)
MIUI 10 menggunakan suara notifikasi yang baru dan unik, suara ini seperti suara air yang jatuh, pasir dan suara-suara alam lainnya sehingga Anda tidak akan jenuh. Setiap notifikasi memiliki suara yang berbeda jadi apabila Anda mendapatkan 2 notifkasi yang berbeda, masing-masing notifikasi akan mengeluarkan suara yang berbeda pula.

Ambient noises atau jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia itu ada suara-suara yang ada disekitar kita misalnya suara pantai, hutan, gerimis dan sebagainya. Suara-suara ini dipasang pada aplikasi timer jadi saat santai, Anda bisa mendengar suara-suara alam ini.

12. Tombol Volume/ Brightness Mirip Baru
Pengembangan MIUI tampaknya terinspirasi dari Android P dimana menggunakan tombol Volume/Brightness. Di MIUI 10 panel notifkasi dan Quick Settings memiliki tampilan yang mirip dengan Android P, sedikit berbeda pada tombol Volume namun memiliki fungsi yang sama seperti Android P.

Mengetuk Volume di layar akan menurunkan suara atau menaikkan volume suara. Pada bagian bawah juga menemukan tombol Mute dengan titik tiga dibawah yang jika dipilih akan muncul beberapa opsi tambahan seperti volume alarm, ringtone, media dan sebagainya termasuk Timer.

13. Autofill Support
Dengan Autofill, Anda bisa login secara aman ke aplikasi tanpa harus mengingat password. Cara ini tentunya membuatmu lebih mudah dan cepat saat ingin login ke aplikasi tertentu misalnya Twitter, Facebook dan lainnya.

14. Recent Apps
Recent Apps atau aplikasi yang baru saja dibuka didesain ulang sehingga tampilannya jadi sangat menarik. Aplikasi yang sedang berjalan (running apps) tampil dengan layar penuh hampir tanpa menyisakan space pada sisi-sisinya.

15. AI Portrait
AI potrait ini seperti fitur kecerdasan buatan yang dirancang untuk mendapatkan hasil foto-foto selfie dengan lebih baik. Xiaomi telah mempelajari alogoritma berdasarkan lebih dari 100.000 foto yang digunakan untuk membantu mereka mengembangkan AI Portrait pada smartphone lensa tunggal.

Padahal sebelumnya, fitur ini merupakan fitur unggulan pada kamera ganda. Hasilnya, Anda bisa memperoleh foto selfie dengan hasil dan efek bokeh yang menarik cukup dengan menggunakan lensa tunggal. Ini yang dilakukan oleh Xiaomi melalui pembaruan MIUI 10.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.