Cara Resize dan Crop Gambar di GIMP

Posted on

Cara resize dan crop gambar di GIMP merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu tentang  Crop dan resize foto menggunakan Adobe Photoshop.” Rasanya ada yang kurang bila tidak membahas versi GIMP karena kedua program photo editing ini memiliki kemampuan yang sama yaitu bisa Resize dan Crop gambar/ foto.

Pada mulanya GIMP dikembangkan untuk platform Linux namaun sekarang tersedia disemua platfom seperti Windows dan Mac OS. Bila Anda tidak kuat membeli lisensi Adobe Photoshop disarankan menggunakan program alternatif yaitu GNU Image Manipulation Program (GIMP).

Resize adalah merubah ukuran gambar menjadi lebih besar atau kecil sedangkan Crop artinya memotong gambar. GIMP menyertakan tool Resize dan Crop yang dapat melakukan itu semua. Untuk itu bila belum mempunyai programnya silahkan download melalui official websitenya GIMP.

Baca: Cara Memunculkan Kembali ToolBox GIMP

Tersedia 2 pilihan yaitu untuk pengguna sitem operasi 64 Bit dan 32 Bit, jadi tinggal menyesuaikan saja. Bila menggunakan 64 bit maka GIMP harus versi 64 Bit dan begitu juga sebaliknya.

Mempelajari cara Rsize dan Crop gambar tentu menguntungkan Anda sendiri terutama yang berkecimpung di bidang photo editing. Gambar hasil jepretan kamera yang begitu besar biasanya dipotong menggunakan tool Crop untuk diambil sebagian objeknya saja. Lansgung saja berikut ini adalah cara Resize dan Crop gambar menggunakan GIMP.

Cara Crop Gambar di GIMP

1. Jalanakan GIMP dari Linux/ Windows/ Mac OS
2. Setelah itu buka gambar/ foto yang akan di Crop/ potong
3. Cari tool Crop di samping kiri GIMP, toolnya kotakan kecil seperti yang diberi tanda panah berikut ini

Cara Crop Foto Dengan GIMP

4. Cara memotongnya silahkan tarik dan geser menggunakan mouse kemudian klik 2 kali
5. Anda juga bisa menentukan ukuran potongan berdasarkan ratio (rasio), silahkan perhatikan kotakan kuning pada gambar di atas. Bila ingin memotong 800 pixels X 450 pixels maka ketik nilainya kemudian kliok 2 kali pada jendela editor.

Cara Resize Gambar di GIMP

1. Jalankan GIMP dan buka gambar/ foto yang akan dirubah ukurannya
2. Setelah gambar terbuka pilih tap menu Image > Canvas Image > Set Image Canvas Size

Cara Resize Foto Dengan GIMP

3. Silahkan ubah nilai Canvas Size pada kolom Width dan Height
4. Langkah terakhir pilih Resize maka gambar berhasil dirubah ukurannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.