Pengecualian SCAN (File Exclusion) ESET Antivirus

Posted on 335 views

Antivirus yang terpasang pada komputer mempunyai kemampuan untuk menghalau serangan virus yang datang dari luar seperti memindahkan data dari flashdisk atau ketika berselancar di internet. Selain itu bila komputer telah terjangkit virus maka antivirus bekerja untuk membersihkannya bahkan menghapus file yang terkena virus.

Bila Anda menggunakan komputer yang telah terhubung dengan internet maka antivirus akan mengupdate mesin pendeteksi secara realtime sehingga data yan ada pada komputer benar-benar aman. Namun sayangnya terkadang ada file yang diduga sebagai virus sehingga masuk dalam pendeteksian antivirus.

File tersebut adalah crack aplikasi, patch game, dan activator yang ludes dihapus antivirus. Untuk itu perlu melakukan pengecualian scan supaya file tersebut aman dari antivirus dan ternyata ESET Internet Security telah menyediakan fitur Exclusion untuk mengamankan data yang dianggap virus.

Cara kerja Exclusion pada ESET Internet Scurity ini adalah melakukan blokade scanning sehingga mesin deteksi tidak menjangkau file tersebut. Yang perlu dimasukkan ke dalam Exclusion adalah Program File karena berisi directory program beserta crack, patch, dan activatornya.

 

Cara Melakukan Pengecualian Scan ESET Antivirus, Internet Security, Smart Security

1. Klik kanan tray icon ESET Internet Security pada pojok kanan bawah kemudian pilih Advanced Setup

Pengecualian scan ESET Smart Security

2. Advanced Setup > Exclusion > kemudian pilih Edit

File Exclusion ESET Antivirus

3. Pada Perfomance Exclusion pilih Add

4. Add Exclusion (tambahkan folder/ file yang ingin dikecualikan/ dilewati scan ESET Internet Security. Misalnya pengecualian scan untuk Program File kemudian akhiri dengan memilih OK

5. Daftar folder yang dimasukkan ke dalam Exclude Path adalah sebagai berikut, akhiri dengan memilih OK

6. Sekarang file yang tersimpan dalam folder Program File dan Program File (x86) lolos scan menggunakan ESET Internet Scurity.

Demikianlah informasi cara melakukan pengecualian scan (file Exclusion) pada ESET Antivirus, Internet Security, dan Smart Security. Setelah mencoba menerapkan secara langsung ternyata mudah sekali mengamankan data yang dianggap virus oleh antivirus supaya tidak terhapus.

Semoga bermanfaat untuk Anda khususnya yang menggunakan antivirus produknya ESET, bila ada yang kurang jelas silahkan ajukan pertanyaan melali kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.