12 Fitur Terbaru Office 2019

12 Fitur Terbaru Pada Microsoft Office 2019

Posted on

Update program terbaru selalu menghadirkan fitur menarik yang belum pernah ada pada versi sebelumnya seperti pada Office 2019. Ini merupakan kabar menarik bagi pengguna Windows 10 untuk mencicipi office terbaru yang dirilis pada pertengahan tahun 2019.

Bila Anda belum mempunyai master Microsoft Office 2019 silahkan download file .ISO kemudian membeli lisensi supaya bisa ikutan menggunakan Office 2019. Microsoft menyematkan Kecerdasan Buatan (AI) yang diaplikasikan pada beberapa fitur yang terdapat pada Office 2019. Kecerdasan yang dimaksud adalah kemampuan program untuk menjawab kebutuhan pengguna ketika bekerja menggunakan Office, layaknya otak manusia cerdas.

Microsoft membundle Office 2019 yang terdiri dari program Word, Excel, Power Point, Publisher, One Note, Access, dan Visio. Menarik bukan? daripada penasaran sebaiknya baca dulu 12 fitur terbaru pada Office 2019 kemudian membelinya di Microsoft.

12 Fitur Terbaru Microsoft Office 2019

1. Translate

Translate Microsoft Office 2019

Kabar bahwa Microsoft menyematkan fitur Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) pada Office 2019 menjadi kenyataan, kecerdasan tersebut berupa Translate yang mampu menerjemahkan ke dalam beberapa bahasa. Supaya bisa menggunakan Translate komputer harus terhubung internet.

Cara kerja Microsoft Translator dengan mengabil data dari Bing Terjemahan yang sama-sama milik Microsoft, jadi kalau dibandingkan Google Translate kurang lebih kemampuannya sama.

2. Insert Icon

Insert Icon Microsoft Office 2019

Ketika mengetik menggunakan Office Word 2019 maka Anda bisa menambahkan beberapa icon menarik secara cuma-cuma. Tersedia 19 tema icon untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan melalui tulisan Office Word 2019.

3. Online 3D Models

Online 3D Models Microsoft Office 2019

Fitur terbaru pada Office Word 2019 banyak ditambahkan pada menu Tab > Insert. Selain Insert Icon di sini ada Online 3D Models yang dapat ditambahkan pada halaman Office Word 2019. Supaya bisa mengaktifkan fitur ini maka membutuhkan koneksi internet selayaknya fitur Translate.

Online 3D Models sangat memudahkan pengguna Office Word 2019 untuk menambahkan gambar secara langsung tanpa harus Googling terlebih dahulu kemudian disisipkan dalam ketikan.

4. Add-Ins

Office Add-Ins Microsoft Office 2019

Microsoft memberikan kebebasan bagi pengguna program Office untuk menambahkan fitur lain yang tidak ada pada Office 2019 dengan menambahkan Add-Ins. Tersedia 2 Add-Ins yang langsung terhubung dengan Office Store dan Wikipedia untuk mencari referensi dari sana.

5. ScreenshotScreenshot Microsoft Office 2019

Microsoft juga menyematkan fitur screenshot pada Office Word 2019 dan Power Point 2019, fitur ini dapat Anda manfaatkan untuk mengambil gambar dari layar komputer. Screnshoot bawaan Microsoft ini terbilang canggih karena mampu memotret gambar pada jendela program saja atau bisa menyeleksinya sendiri pada objek tertentu.

6. Equation dan Symbol

Equation Microsoft Office 2019

Equation dan Symbol Office Word 2019 langsung muncul pada tab menu Insert tanpa mengatur opsi untuk menambahkan Equation Editor pada saat install Microsoft Office. Fungsi dari kedua fitur ini adalah untuk memudahkan menyusun soal-soal matematika dan fisika yang membutuhkan rumus.

7. Cover Page

Cover Page Office Word 2019

Microsoft terus mengevaluasi apa yang kurang dari programnya kemudian disempurnakan pada update versi berikutnya. Salah satu kebutuhan pengguna Office adalah kemudahan dalam membuat sampul/ cover, pada Office Word 2019 ini menu Cover terletak pada tab Insert. Tersedia banyak pilihan desain cover menarik yang siap diedit sesuai dengan isi tulisan pada Office Word 2019.

8. Manage Data Model

Manage Data Model Office Excel 2019

Sesuai namanya Manage Data Model fitur ini fungsinya untuk mengelola tingkat lanjut data pada Office Excel 2019. Anda akan dialihkan ke halaman kerja Power Pivot for Excel untuk mengelola data sesuai keinginan, pokoknya bermanfaat sekali untuk Anda membuat laporan dalam bentuk tabel dan diagram.

9. New Comment

Comment Microsoft Office 2019

Admin TERAA.NET belum begitu paham apa fungsi dari New Comment, yang pasti fitur ini ada pada Office 2019, mungkin sekedar untuk menambahkan comment pada ketikan Office saja.

10. Start Inking

Start Inking Power Point 2019

Start Inking adalah fitur untuk membuat coretan tinta pada Power Point 2019, jadi ini merupakan gabungan program Paint dan Power Point yang dijadikan satu. Anda dapat memanfatkan Start Inking pada halaman presentasi sehingga jadi lebih menarik.

11. Screen Recording

Screen Recording Power Point 2019

Fitur terbaru pada Power Point 2019 adalah Screen Recording yang mampu merekam video pada layar komputer yang sedang berjalan kemudian langsung ditambahkan pada halaman Power Point. Selain itu ada juga Record Slide Show yang khusus merekam file presentasi mode Show.

Dengan adanya fitur Screen Recording, Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk covert file .ppt/ .pptx untuk membuat video dari Power Point.

12. Visio

Visio Microsoft Office 2019

Inilah yang membedakan Office 2019 dengan versi terdahulu yaitu langsung include Visio 2019 sekali install. Biasanya kalau ingin menggunakan Visio maka harus download secara terpisah kemudian install sendiri, di Office 2019 telah dibundle dalam paket installasinya.

Visio adalah program office yang khusus digunakan untuk membuat diagram. Program ini cukup membantu Anda menyusun diagram menarik tanpa harus menggunakan Corel Draw. Visio 2019 hadir dengan template baru yang siap untuk diedit sesai keperluan.

Baca: Cara Menampilkan Penggaris/ Ruler Pada Microsoft Office Word 2019


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.