Merubah Format Video webM ke MP4 Icecream Screen Recorder

Posted on 343 views

Format video webM memang tidak begitu populer seperti MP4 karena jarang yang menggunakannya, padahal format ini bagus sekali diunggah ke YouTube. Untuk mendapatkan ekstensi .webM bisa menggunakan aplikasi Icecream Screen Recorder yang dapat Anda download secara gratis dari official websitenya.

Icecream Screen Recorder merupakan aplikasi perekam layar terbaik untuk komputer, bila Anda belum pernah mencobanya silahkan coba dan bandingkan dengan aplikasi sejenis untuk menguji mana yang terbaik. TERAA.NET sendiri sekarang menggunakan Icecream Screen Recorder sebagai daily driver membuat tutorial komputer dari hasil rekaman layar komputer.

Secara default bila tidak merubah format penyimpanan video pada Icecreaam Screen Recorder maka Anda akan mendapatkan format video dengan ekstensi webM (VP8) yang siap diunggah ke YouTube. Kenapa harus menggunakan webM? karena ini format video yang telah dikompresi sehingga hasil rekaman kapasitas videonya kecil sehingga cocok untuk diunggah ke YouTube.

Meskipun ukuran file videonya kecil, namun gambarnya tidak kalah dengan MP4 (MPEG4) dan MP4 (H264). Kalau format webM ini bagus kenapa harus dirubah ke format lain? jawabannya untuk memudahkan melakukan editing. Pengalaman menggunakan beragam aplikasi edit video, yang support webM hanya beberapa saja sehingga memutuskan untuk merubah menjadi MP4.

Baca: 5 Aplikasi Screen Recorder Terbaik Untuk Linux

Sebenarnya pilihan format penyimpanan tergantung dari pilihan Anda sendiri, kalau hasil rekaman layar langsung diunggah tanpa diedit disarankan menggunakan webM, namun bila ingin mengeditnya terlebih dahulu memakai MP4 adalah pilihan terbaik. Sebelum menuju pembahasan alangkah baiknya bila mengenal Icecreaam Screen Recorder.

 

Detail Aplikasi Icecream Screen Recorder

Product: Icecream Screen Recorder
System: Windows 10, 8, 7, Mac OS, Android
Version: 6.16
Size: 54.2 Mb
License: Freemium

 

Fitur Utama Icecream Screen Recorder

Icecream Screen Recorder adalah aplikasi buatan Icecreamapps yang fokus pada pemenuhan kebutuhan rekam layar komputer. Dalam satu aplikasi, Anda dapat menikmati beberapa fitur seperti screenshot, record audio, record games, dsb.

1. Record Screen

Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk merekam semua aktivitas yang tampak pada layar komputer.

2. Record Audio

Tanpa harus install aplikasi perekam audio, Anda dapat memanfaatkan Icecream Screen Recorder untuk record audio.

3. Annotate

Fungsi annotate untuk menambahkan animasi pada layar yang direkam seperti coretan pensil, lingkaran, anak panah, dsb.

4. Record Webinar

Webinar adalah seminar online yang direkam secara live menggunakan aplikasi. Fitur record webinar yang terdapat dalam aplikasi ini untuk memudahkan Anda melakukan seminar online.

5. Record Webcam

Sambil merekam layar, Anda dapat menambahkan rekaman diri sendiri yang diambil dari webcam. Manfaatkan fitur record webcam supaya orang enggan mencuri video Anda karena ada gambar pemiliknya.

6. Last Area

Semacam fitur untuk memilih arena mana yang akan direkam, misalnya sebagian pada tampilan layar.

7. Record Games

Icecream Screen Recorder ternyata mensupport YouTuber gaming untuk merekam permainannya dengan fitur record games. Fitur ini mampu merekam video kualitas terbaik dengan FPS yang tinggi.

8. Add Your Logo

Sebuah fitur untuk menambahkan logo/ watermak pada layar yang direkam.

9. Share

Fitur share memudahkan bergai foto dengan cara mengunggahnya ke server Icecream Screen Recorder, Anda cukup membagikan link tersebut kepada teman-teman Anda.

 

Cara Merubah Format webM ke MP4 di Icecream Screen Recorder

1. Jalankan aplikasi Icecream Screen Recorder kemudian masuk ke menu Settings
Icecream Screen Recorder
2. Pilih tab menu Video, ubah webM ke MP4 (H264). Simpan perubahan dengan klik Save Settings
Format Video webM ke MP4
3. Selain itu default format penyimpanan gambar dan audio juga bisa disesuaikan, caranya seperti pada video
4. Settingan lain yang perlu dirubah adalah lokasi penyimpanan file. Pilih Save kemudian ganti di lokasi lain misalnya drive D, E, atau F.

Demikianlah informasi cara merubah format video webM ke MP4 menggunakan Icecream Screen Recorder, semoga informasi singkat ini dapat menjawab permasalahan Anda tentang webM.

Penasaran ingin mencoba aplikasi perekam layar terbaik, download Icecream Screen Recorder.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.