Cara Mendapatkan Gratis Ongkir di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan JD.ID

Posted on 20 views

Hari gini siapa sih yang nggak ingin belanja gratis ongkir? pasti semua ingin bukan? bicara tentang ongkos kirim berikut ini TERAA.NET akan membahas cara mendapatkan gratis ongkir dibeberapa martketplace besar di Indonesia.

Pada awal perkembangan toko online, biaya kirim menjadi masalah utama bagi konsumen. Mereka menginginkan barang murah namun ongkos kirim (ongkir) lebih besar dari harga barangnya. Belum lagi kalau barang yang dikirim cukup besar sehingga selain dari berat kena biaya dimensi.

Sekarang persaingan toko online yang menjual barang di marketplace cukup kompetitif, mereka yang tidak mau berinovasi pasti ditinggalkan konsumen. Inovasi tersebut bisa datang dari 1 marketplace kemudian ditiru oleh yang lainnya karena dianggap mampu menarik hati konsumen untuk berbelanja.

Salah satu inovasi yang cukup disukai konsumen adalah program gratis ongkir, dulu sih hanya beberapa martketplace saja yang menerapkannya namun sekarang hampir semua toko online pada ikut-ikutan. Sebut saja Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan JD.ID, selain yang disebutkan sebenarnya masih banyak marketplace lain namun yang dibahas yang besar-besar saja.

Sekarang martketplace telah bekerja sama dengan beberapa jasa pengiriman barang yang dipercaya mampu mengantarkan barang sampai ke penerima tanpa ada kendala, oleh karena itu gratis ongkir selalu identik dengan jasa pengiriman yang digunakannya. Misalnya Tokopedia dengan SiCepat, Bukalapak dengan JNT, dan JD.ID dengan kurirnya JX.

Jujur hingga saat ini tidak ada 1 marketplace yang betul-betul gratis ongkir, meskipun ada biasanya hanya potongan biaya pengiriman. Meskipun begitu konsumen cukup ringan bebannya karena tidak harus bayar ongkir yang mahal. Baiklah kembali pada topik artikel berikut ini cara mendapatkan gratis ongkir ketika belanja online.

 

Cara Mendapatkan Gratis Ongkos Kirim (Ongkir) di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan JD.ID

 

1. Gratis Ongkir Tokopedia

Gratis ongkos kirim Tokopedia
Tokopedia dibuka dari aplikasi Android

Tokopedia menempati urutan pertama sebagai marketplace dengan transaksi penjualan terbesar di Indonesia. Banyak program menarik yang ditawarkan Tokopedia seperti penggunaan poin dan bebas gratis ongkir. Untuk mendapatkan gratis ongkir di Tokopedia silahkan cari barang yang ada tulisan “Bebas Ongkir”, minimal harus melakukan transaksi pembelian Rp. 50.000 baru gratis.

Lalu bagaimana bila harga barangnya kurang dari Rp. 50.000? misalnya Rp. 25.000? Anda harus membeli 2 dengan total Rp. 50.000 baru dapat gratisan ongkos kirim. Menurut pengamatan admin hampir semua penjual memanfaatkan program bebas ongkir untuk menarik calon konsumen, bila tidak menerapkannya maka toko jadi sepi.

 

2. Gratis Ongkir Shopee

Gratis biaya kirim Shopee
Shopee dibuka dari aplikasi Android

Berikutnya ada Shopee, tidak mau ketinggalan dengan Tokopedia marketplace ini juga memberikan program gratis ongkir. Menariknya jumlah gratis ongkirnya bisa 2 kali hingga 5 kali dalam sehari. Untuk mendapatkan gratis ongkir di Shopee silahkan cari barang yang ada tulisan “Free”, ketika Anda masukkan ke keranjang belanja dan checkout maka biaya kirim akan digratiskan.

Tidak semua barang yang ada tulisan Free bisa dengan mudah didapatkan tanpa ongkos kirim, terkadang Shopee mengharuskan konsumen belanja menggunakan Shopeepay baru dapat gratis ongkir. Sepertinya memang disengaja supaya konsumen terbiasa menggunakan Shopeepay untuk belanja.

Shopeepay adalah dompet virtual yang dikembangkan oleh Shopee, sesuai namanya fungsi utamanya adalah sebagai alat pembayaran vitual. Anda diwajibkan mengisi rekening Shopeepay terlebih dahulu baru bisa menggunakannya.

 

3. Gratis Ongkir Bukalapak

Gratis ongkir Bukalapak
Bukalapak dibuka dari aplikasi Android

Bukalapak juga menawarkan program gratis ongkir, tidak main-main marketplace ini menggandeng 4 jasa pengiriman barang yang mau mengantarkan ke konsumen tanpa biaya. Jasa pengiriman tersebut adalah J&T, SiCepat, Lion Parcel, dan Paxel.

Cara mendapatkan barang gratis ongkir cari yang ada tulisan “Free” dengan minimal pembelian sebesar Rp. 50.000. Bukalapak memberlakukan gratis ongkir untuk biaya tertentu, kalau biaya kirimnya mahal biasanya dipotong Rp. 10.000. Ketentuan berapa besar potongan gratis ongkir di Bukalapak dapat dibaca di official websitenya.

 

4. Gratis Ongkir JD.ID

Gratis ongkos kirim JD.ID
JD.ID dibuka dari aplikasi Android

Diantara ketiga marketplace tersebut yang mempunyai kurir sendiri hanya JD.ID. Silahkan cari barang yang ada tulisan “JD.ID” maka gratis biaya kirim yang diantar oleh kurir JX. Untuk Anda yang suka belanja peralatan elektronik atau perlengkapan rumah tangga yang dimensinya besar disarankan menggunakan JD.ID, dijamin gratis ongkir.

Pengalaman membeli kompor gas Rinnai di JD.ID gratis ongkir, dari gudang DC Marunda sampai Trenggalek cuma butuh waktu 3 hari. Daripada penasaran mari belanja di JD.ID.

Baca: Perbedaan Marketplace dan Toko Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.