Mengatasi Google Drive Yang Penuh

Cara Mengatasi Google Drive Yang Penuh

Posted on 26 views

Adakalanya penggunaan Google Drive secara terus-menerus membuat ruang penyimpanannya jadi penuh, kalau sudah begini tidak bisa menyimpan file lagi atau tidak bisa download file yang di share melalui link Google Drive. Kalau penggunaannya wajar sih tidak masalah, tinggal bikin akun Gmail baru maka bisa menyimpan file lagi.

Yang jadi masalah adalah ketika tidak merasa menyimpan terlalu banyak file atau tidak menyimpan file ukuran besar tiba-tiba ruang penyimpanannya penuh. Biasanya pemilik sadar ketika tidak bisa mendownload file dari Google Drive dengan keterangan penyimpanan penuh.

Bila Anda mempunyai masalah seperti itu jangan panik dulu karena TERAA.NET akan membagikan cara menghapus ruang penyimpanan Google Drive yang penuh. Selengkapnya simak penjelasannya berikut ini.

 

Besarnya Penyimpanan Google Drive

Tahukah Anda bahwa Google Drive yang kita pakai adalah versi gratis (free) dengan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB. Bisa dikatakan terlalu kecil bila sering menyimpan file di sana, untuk itu Google menawarkan upgrade ke paket penyimpanan yang lebih besar yaitu 100 GB, 200 GB, hingga 2 TB. Detail harga dan fiturnya silahkan lihat pada gambar di bawah ini.

Besarnya penyimpanan Google Drive
Pilihan paket penyimpanan Google Drive

Pengguna pribadi rata-rata memakai yang gratisan, termasuk Anda. Untuk paket di atasnya kebanyakan yang memakai adalah perusahaan besar dimana mereka mulai beralih dari penyimpanan harddisk ke Google Drive. Keuntungan menyimpan file di Google Drive adalah tanpa risiko, data Anda dijamin aman asalkan ingat username dan password loginnya. Bandingkan dengan penyimpanan klasik yang penuh risiko seperti terbakarnya harddisk.

 

Kenapa Google Drive Cepat Penuh?

Pertanyaan yang sering muncul adalah kenapa ruang penyimpanan Google Drive cepat penuh? padahal hanya menyimpan file dokumen dan foto saja. Untuk menjawabnya mari pahami dulu cara kerja download file di Google Drive. Oke, mungkin Anda tidak pernah menyimpan file ukuran besar di sana, namun apakah sering download di link Google Drive?

Bila iya, itu adalah penyebabnya. Setiap kali download file yang dibagikan melalui link Google Drive maka file tersebut juga tersimpan di ruang penyimpanan Google Drive. Cara kerjanya semacam sharing/ saling berbagi, file yang tersimpan pada akun Anda bisa juga dibagikan ke orang lain dengan cara share.

Biasanya yang mempunyai hobi download filem atau software dari link Google Drive inilah yang akunnya cepat penuh, untuk itu harus dihapus secara manual supaya kosong lagi.

 

Menghapus Google Drive Yang Penuh

  1. Login ke Google Drive menggunakan akun Google Mail (Gmail)
  2. Setelah itu periksa file hasil share download Google Drive di menu “Dibagikan Kepada Saya” atau “Share With Me”
Mengosongkan Google Drive
Menghapus file di Google Drive
  1. Klik kanan pada file kemudian pilih Hapus/ Remove. File tidak langsung kehapus melainkan pindah ke tong sampah
  2. Pilih Sampah/ Trash > klik kanan pada file > Hapus Permanen/ Delete Forever
  3. Sekarang cek kapasitas penyimpanannya, sudah berkurang bukan?

 

Baca: Cara Merubah Suara Google Map Dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.