Hosting Domain

Sebaiknya Beli Hosting Gratis Domain atau Terpisah?

Posted on

Penyedia layanan hosting banyak yang menyediakan paket penjualan gratis domain. Untuk mendapatkan domain ini biasanya ada syaratnya yaitu pembelian hosting minimal dalam jangka waktu 1 tahun, domain akan aktif seumur hidup jika hosting diperpanjang. Tawaran ini memang menarik bagi pengguna hosting karena dapat menghemat biaya untuk membangun website daripada membeli secara terpisah.

Pertanyaan yang sering muncul dari pemula yang ingin membuat web/ blog self hosting adalah tentang pembelian hosting sepaket dengan domain atau terpisah? Untuk menjawab pertanyaan tersebut sebaiknya Anda pahami dulu pengertian hosting dan domain.

Hosting adalah rumah atau tempat untuk menyimpan data-data penting mengenai website, sedangkan domain adalah alamat dari website yang akan dibuat. Domain merupakan identitas sekaligus brand yang menjadi ciri khas dari sebuah website, semakin ramai pengunjung maka orang mudah mengenal situs Anda melalui domain.

Beli Paket Hosting Gratis Domain atau Terpisah

Sebenarnya alasannya sangat simpel kenapa membeli domain harus terpisah dengan hosting? tidak lain untuk mengamankan domain itu sendiri. Seperti yang dijelaskan di atas hosting fungsinya menyimpan data sedangkan domain adalah alamatnya. Tidak menutup kemungkinan server yang digunakan terbakar dan atau akun hosting disuspend karena bandwidthnya berlebihan.

Kalau hosting tidak aktif maka domain tidak bisa digunakan lagi. Alasan lainnya adalah jika sewa hosting habis dan tetap ingin menggunakan domain tersebut, maka kalau tidak diperpanjang domainnya ikutan mati. Itulah beberapa alasan kenapa sebaiknya jangan membeli hosting gratis domain.

Baca: Review Cloud Hosting Terbaik Indonesia dari Domainesia

Syarat membeli hosting harus mempunyai domain, Anda bisa mendapatkannya dipenyedia yang sama asalkan tidak sepaket, atau membeli domain di penyedia yang berbeda dengan hosting. Cara ini memang membutuhkan sedikit biaya namun Anda bisa mengarahkan domain ke hosting dengan mengganti name servernya ke hosting tujuan.

Namun ada juga penyedia hosting yang benar-benar memberikan jaminan 100% domain milik pengguna meskipun tidak berlangganan paket hosting lagi. Penyedia hosting tersebut adalah Dewaweb dan satu-satunya yang pertama di Indonesia memberlakukan kebijakan ini. Anda cukup mengirimkan tiket ke IT Suport maka domain jadi milik Anda.

Kesimpulan
Kesimpulannya sesungguhnya cukup jelas, jangan sampai domain tidak berada di kendali Anda. Kalau konten web bisa dibangun dan dibackup kembali, domain lebih susah. Meskipun Anda memindahkan konten ke domain baru belum tentu pengunjung setiap situs atau blog mengetahui alamatnya. Perjuangan Anda selama bertahun-tahun jadi sia-sia bila domain memiliki ranking bagus di Google dan memulainya dari enol dengan domain baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *