Jenis Iklan Google AdSense

3 Jenis Iklan Google AdSense Untuk Meraup Keuntungan

Posted on

Bisnis periklanan milik Google yang benar-benar membayar Anda adalah Google AdSense. Admin TERAA.NET juga menjalin afiliasi dengan Google sebagai penayang iklan AdSense di blog dan channel YouTube.

Di sini tidak dijelaskan bagaimana cara daftar Google AdSense dan cara meningkatkan pendapatannya melainkan membahas tentang jenis iklan Gooogle AdSense. Jenis iklan yang dimaksud bukan tipe atau ukurannya namun lebih ke platform dimana iklan dipasang.

Platform yang cukup populer untuk Google AdSense adalah Blog dan YouTube, selain kedua platform tersebut ternyata masih ada yang lain dan berikut ini adalah penjelasannya.

1. AdSense Blog

Google memperkenalkan bisnis periklanan pertama kalinya untuk platform blog/ website. Tidak semua blog bisa dipasang iklan Google AdSense kalau tidak sesuai dengan Term of Services (TOS). AdSense blog dipercaya oleh publisher sebagai mesin pencari uang, sebut saja beberapa portal berita online yang menaruh iklan Google AdSense di situsnya.

Sistem pendapatan AdSense Blog adalah pay per clik, artinya publisher baru mendapatkan penghasilan bila ada pengunjung blog yang klik iklan, bukan melihat iklan. Kunci sukses dari AdSense Blog adalah visitor/ pengunjung, semakin banyak yang membaca artikel Anda maka kemungkinan mendapatkan klik semakin besar.

2. AdSense YouTube

Hari gini siapa yang nggak kenal YouTube? di mesin pencarian Google YouTube menempati urutan kedua setelah Google dan berhasil menggeser dominasi Facebook menjadi urutan ketiga. YouTube adalah situs berbagi video yang cukup populer saat ini, saking populernya ada yang mengatakan YouTube lebih dari TV.

YouTube didirikan oleh 3 mantan karyawan Paypal pada Februari 2005, setahun kemudian tepatnya bulan Nomber 2016 YouTube dibeli Google seharga US$1,65 miliar. Supaya bisa memasang iklan di videonya maka Content Creator harus daftar dulu sebagai penayang iklan atau disebut YouTube Partner Program.

Baca: YouTube Kids Aplikasi Ramah Anak Dari Google

Di Indonesia sendiri banyak Content Creator sukses yang bisa meraup puluhan juta rupiah untuk setiap bulannya, sebut saja Atta Halilintar, Ria Ricis, dan Raditya Dika. Bisa dikatakan sekarang ini merupakan masa keemasan bagi para Content Creator karena semua orang suka menjari jawaban lewat tayangan video.

3. AdMob

AdMob adalah perusahaan iklan mobile yang telah diakuisisi Google pada November 2009. Perusahaan ini dulunya didirikan oleh Omar Hamoui pada tahun 2006 yang berbasis di San Mateo, California. Kejelian Google dalam membaca peluang ternyata membuahkan hasil.

Penerapan iklan AdMob berbeda dengan AdSense Blog meskipun sama-sama bisa tampil di handphone/ smartphone. Iklan jenis ini dipasang pada aplikasi mobile pada sistem operasi Android. Makanya bila Anda mendownload aplikasi gratisan di Google Play Store maka akan dipenuhi iklan setiap kali membuka atau menutup aplikasi.

Pendapatan yang diraih dari AdMob cukup tinggi karena minimnya persaingan. Supaya bisa memasang iklan pasalnya harus bisa membuat aplikasi Android sendiri atau menjalin kerjasama dengan developer. Bandingkan dengan Blog dan YouTube yang semua orang hampir bisa melakukannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.