YouTube Kids Aplikasi Ramah Anak Dari Google

Posted on

YouTube Kids adalah aplikasi streaming video dari Google yang dibuat khusus untuk anak-anak. Dengan adanya aplikasi ini orang tua tidak perlu merasa khawatir lagi munculnya konten negatif dari YouTube. Konten yang ditampilkan menyesuaikan umur anak sehingga mudah dipahami dan ditangkap oleh anak.

Di Indonesia sendiri YouTube Kids baru diluncurkan bulan September 2018 dan kini telah tersedia di Google Play Store untuk diunduh. Fitur menarik yang ditawarkan YouTube Kids adalah tersedia Approved Content Only yang memungkinkan orang tua menyeleksi video dan channel apa yang boleh ditonton oleh anak. Bila video yang direkomendasikan YouTube kurang memuaskan orang tua bisa mencarikan video yang dirasa memang layak ditonton, opsi ini tentu membutuhkan ketelatenan dalam memilih video secara manual.

Fitur lainnya adalah dapat membuat ruang terpisah dan pengalaman yang berbeda untuk anak berusia 8 hingga 12 tahun. YouTube Kids bahkan menambahkan dua kategori baru yakni Music dan Pertunjukan (Show). Ketika orang tua merasa anak sudah siap untuk konten yang lebih dewasa, opsi ini bisa dipergunakan.

Baca: Mendapatkan Reward YouTube Play Button Berapa Subscriber?

Review Aplikasi YouTube Kids

Download dulu aplikasi YouTube Kids di Google Play Store kemudian install ke smartphone Android. Saat pertama kali menjalankan YouTube Kids maka muncul form isian tanggal lahir anak, isi sesuai data yang sebenarnya supaya konten video yang ditampilkan sesuai dengan usia anak Anda.

YouTube Kids Aman Untuk Anak

Parents only adalah menu kontrol yang dijalankan orang tua untuk mengontrol anak ketika membuka YouTube Kids. Orang tua wajib mengisi verifikasi angka pada To continue, please enter the correct answer untuk lanjut pada tahap berikutnya.

YouTube Kids, YouTube Khusus AnakOrang tua juga diberi kebebasan untuk mengaktifkan opsi pencarian konten atau mematikannya. Search On: anak dapat mencari sendiri video menarik yang disukainya dari daftar konten YouTube Kids. Search Off: untuk membatasi anak mencari video sendiri dari daftar yang disediakan YouTube Kids.

YouTube Kids Direkomendasikan Untuk Anak

Tersedianya menu Timer dan Settings cukup bisa mengontrol waktu lamanya anak melihat video di YouTube Kids. Aktifkan fitur ini maka setelah timernya habis video akan berhenti dengan sendirinya.

Fitur Baru YouTube Kids

Ingin melakukan kontrol dan pengaturan lebih lanjut silahkan pilih saja Settings dengan menekan icon gembok. Di sini orang tua dapat menghapus history, mematikan sound effects, pengaturan content controls, dan lain sebagainya.

Tab menu deretan atas terdiri dari kategori video Learning, Shows, Music, dan Explore . Orang tua dan anak bisa melihat semua video yang terdapat dalam kategori tersebut. Konten yang ditampilkan berisi game edukasi dan tutorial yang bisa mengeksplor kemampuan anak.

Penasaran ingin mencoba YouTube Kids untuk anak Anda? silahkan download aplikasinya melalui link berikut ini.
Download YouTube Kids.apk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.