Membandingkan Kecepatan Kiriman J&T Express dan JNE

Posted on

Membandingkan kecepatan proses kirim J&T Express dan JNE memang cukup menarik karena kedua ekspedisi tersebut banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Keberadaan mereka kini semakin dibutuhkan seiring meningkatnya transaksi jual beli online.

Marketplace besar seperti Bukalapak menjalin kerja sama dengan J&T Express sehingga sering memberikan promo gratis ongkir (ongkos kirim) sebesar Rp. 20.000 dengan pembelian minimal Rp. 75.000, hingga ditulisnya artikel ini promo tersebut masih berlaku.

Strategi yang diterapkan Bukalapak ternyata terbukti ampuh meningkatkan jumlah penjualannya dengan dibuktikan banyaknya barang masuk dan keluar di J&T Express. Berbeda dengan Bukalapak, Tokopedia lebih mempercayakan JNE sebagai logistiknya.

Ketika Anda belanja di Tokopedia nggak bakal menemukan opsi jasa pengiriman barang J&T Express, kalau JNE pasti ada. Namun di Bukalapak opsi untuk JNE tetap ada dan itu tergantung dari masing-masing seller.

Baiklah kembali pada topiknya, berikut ini TERAA.NET membandingkan layanan J&T Express dan JNE dengan membeli barang dari kedua marketplace tersebut. Yang pertama beli Tripod untuk Kamera dan HP dari Bukalapak dan kedua beli Pelampung Renang Anak di Tokopedia. Transaksi sama-sama dilakukan pada hari Jum’at, 12 September 2018.

Kedua barang tersebut juga dikirim di hari dan tanggal yang sama seperti transaksi pembelian, ordernya pagi maka sorenya dikirim. Untuk Tripod dikirim menggunakan J&T Express dari Surabaya ke Trenggalek, sedangkan Pelampung dikirim JNE dari Surabaya ke Trenggalek.

Proses Kirim J&T Express dan JNE, Lebih Cepat Yang Mana?

1. J&T Express

History pengiriman J&T ExpressSilahkan lihat screenshot history pengiriman J&T Express dari Surabaya tujuan Trenggalek yang hanya 2 hari barang sudah diterima. Menurut TERAA.NET layanan J&T Express cukup memuaskan karena bukan kali ini saja menggunakannya. Sering juga beli peralatan komputer dari Jakarta dikirim ke Trenggalek, biasanya 3 hari dah sampai, kalau molor 4 – 5 hari.

2. JNE
History pengiriman JNE

Estimasi kiriman dihitung bukan mulai dari transaksi pembelian dan diantarkannya ke kantor JNE/ gudang melainkan keluar dari gudang diteruskan ke alamat tujuan. Meskipun sama-sama dikirim dari Surabaya namun sampai di Trenggalek butuh waktu 6 hari, lama banget bukan?

Perhatian

Layanan operasional dan jam kerja J&T Express buka 7 hari dalam seminggu, jadi pada hari libur dan Minggu kurir tetap mengirimkan barang ke alamat Anda. Selengkapnya silahkan baca jam kerjanya ditautan berikut ini.

Baca: Jam Operasional dan Kerja J&T Express

Kantor JNE kebanyakan buka selama 6 hari dalam seminggu, untuk hari libur dan Minggu maka layanannya berhenti dan akan diteruskan pada hari kerja berikutnya. Jadi tanggal merah dan Minggu mereka tidak mengantarkan kiriman ke alamat Anda.

Baca: Hari Pengiriman dan Jam Kerja JNE (Jalur Nugraha Ekakurir)

Artikel ini ditulis bukan iklan/ endorse melainkan pengalaman pribadi TERAA.NET, mungkin Anda mempunyai pengalaman berbeda entah itu lebih cepat JNE daripada J&T Express. Harapannya sih sebagai buyer (pembeli), Tokopedia juga menyertakan J&T Express sebagai opsi logistiknya.

Khusus untuk JNE sepertinya tidak ada perubahan estimasi kirimnya, masih pakai standar lama. Customer Care JNE semakin care dan harus dipertahankan, 2 kali mencoba kirim pesan via email menanyakan status kiriman selalu dijawab ramah, beda dengan dulu.

2 thoughts on “Membandingkan Kecepatan Kiriman J&T Express dan JNE

    1. Kecepatan proses kirim ditentukan oleh 2 faktor yaitu kecepatan seller memproses pesanan hingga barang tersebut diantar ke kurir dan kurir mengantarnya ke pembeli. Start pengiriman pada hari yang sama tapi sampainya beda, jadi substansinya adalah pada ekspedisinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.