Mengatasi Kursor Brush Hilang Pada Photoshop

Cara Mengembalikan Kursor Brush Pada Adobe Photoshop

Posted on

Program edit foto dan manipulasi gambar yang paling popular adalah Adobe Photoshop. Bila Anda sering menggunakannya tentu paham apa fungsi kursor brush pada program tersebut. Brush biasanya digunakan untuk menghapus atau menambahkan warna pada objek tertentu. Secara default brush mempunyai tampilan berbentuk bulat/ lingkaran, kalau tidak normal maka bulatan tersebut menjadi hilang dan yang ada hanya tanda + saja.

Tool pada Adobe Photoshop yang menggunakan brush ada 3 yaitu Erase, Brush, dan Stamp. Permasalahannya adalah jika kursor dari tool tersebut hilang maka akurasi dalam menggunakan brush akan kurang karena tidak bisa menentukan letaknya. Diameter ukuran brush juga bisa diperbesar atau diperkecil sesuai keperluan, kalau hilang maka opsi untuk mengubah diameter juga tidak bisa. Selain bentuk lingkaran, variasi brush yang disediakan Adobe Photoshop banyak sekali ragamnya seperti star, spatter, pencil, dsb.

Sebagian besar pengguna Adobe Photoshop pernah merasakan hal ini, kalau tidak tahu cara mengembalikannya biasanya menutup dan membuka kembali programnya. Kalau masih belum berhasil langkah pamungkasnya dengan merestart komputer sambil berharap kursor brush kembali normal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut berikut ada cara yang lebih mudah mengembalikan brush Adobe Photoshop, selengkapnya silahkan simak tutorialnya berikut ini.

Baca: Cara Membalik Gambar (Mirror) Dengan Photoshop

Solusi mengembalikan kursor brush Adobe Photoshop bisa melalui 2 cara yaitu lewat pengaturan dan Caps Lock. Pilih salah satu cara yang dianggap paling mudah untuk dilakukan.

1. Mengatasi Kursor Brush Yang Berubah Melalui Pengaturan

1. Jalankan Adobe Photoshop, setelah program terbuka pilih tab menu Edit
2. Edit > Preference > Cursor, maka muncul pengaturan kursor
3. Pilih Normal Brush Tip untuk mengembalikan kursor menjadi normal

4. Pilih OK untuk menyimpan perubahan
5. Kini Ada bisa dengan leluasa menggunakan brush normal untuk menghapus atau untuk keperluan lainnya.

2. Mengembalikan Kursor Brush Dengan Caps Lock

Banyak pengguna Adobe Photoshop yang tidak menyadari bahwa berubah atau hilangnya kursor brush karena tidak sengaja menekan tombol Caps Lock, untuk mengembalikannya cukup dengan mematikan Caps Lock. Hems mudah sekali bukan? kalau memang tidak tahu caranya ya sulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.