Import Nilai PDSS

Cara Import Nilai PDSS LTMPT Tanpa Gagal

Posted on 597 views

Pengisian nilai PDSS tahun ini berbeda dari sebelumnya dimana lebih ribet dan sulit dipahami sehingga banyak guru Bimbingan dan Konseling atau operator yang ditugaskan untuk mengisi nilai siswa kebingungan untuk mengerjakannya. Karena itulah, TERAA.NET ingin berbagi informasi Cara Import Nilai PDSS LTMPT Tanpa Gagal.

Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) adalah tempat untuk mengisi atau menginput nilai raport yang akan digunakan untuk pendaftaran Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN) melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru, SMPTN merupakan jalur pertama masuk perguruan tinggi negeri yang menggunakan nilai raport dan prestasi sebagai acuannya. Setelah itu ada jalur SBMPTN yang menggunakan nilai murni dari hasil tes, dan yang terakhir jalur reguler.

Pengisian PDSS tahun 2021 berbeda dari tahun sebelumnya dimana format template nilai PDSS sulit dipahami sehingga banyak yang kebingungan bagaimana cara mengisinya. Biasanya antara NISN dan nilai terpisah berdasarkan kolom, namun template nilai yang diunduh dari portal LTMPT ini jadi satu antara NISN dan nilai.

Baca: Cara Membuat Ranking (Peringkat) Tanpa Double, Triple, dst

Sebenarnya tidak ada yang keliru dengan template yang diberikan oleh LTMPT, mungkin karena settingan regional di Windows berbeda maka terjadi ketidak singkronan yang menyebabkan berubahnya template nilai.

Setelah menyesuaikan regional dengan negara Indonesia di Control Panel Windows, maka template nilai tersebut akan normal seperti pengisian PDSS sebelumnya dimana antara NISN dan nilai terpisah berdasarkan kolomnya masing-masing. Daripada bingung, langsung praktek saja seperti yang dijelaskan berikut ini.

 

Cara Mengisi Template PDSS LTMPT

1. Login ke portal LTMPT, pilih menu PDSS
2. Pada sidebar sebelah kiri klik menu Siswa
3. Lanjut pilih menu Import Data Siswa
4. Import Nilai Siswa per Semester, download template PDSS dengan cara mengisi data Jurusan, Jenis Studi, Tingkat, dan Semester
Portal LTMPT - Import Nilai Siswa per Semester
5. Unduh template, kemudian buka
6. Perhatikan template PDSS berikut ini dimana NISN dan nilai mata pelajaran jadi satu kolom sehingga membingungkan bagi yang mengisinya. Template yang benar antara NISN dan dan nilai mata pelajaran terpisah dalam kolom sendiri

7. Cara mengatasinya silahkan masuk Control Panel pada Windows kemudian pilih menu Region
8. Ubah format defaultnya ke Indonesia, kemudian Apply

9. Tutup template PDSS yang telah Anda buka tadi kemudian buka kembali, maka hasilnya seperti berikut ini

10. Pada template di atas, antara NISN dan nila mata pelajaran terpisah berdasarkan kolom
11. Isi template tersebut dengan mengambil data dari leger raport. Ingat, yang perlu dimasukkan adalah nilai pengetahuan untuk mata pelajaran umum dan nilai ketrampilan untuk mata pelajaran produktif (bagi siswa SMK)12. Kembali ke PDSS, import nilai dari template yang telah diisi
13. Selamat kini Anda berhasil import nilai dengan mudah.

Demikianlah informasi cara Import nilai siswa di PDSS LTMPT, semoga bermanfaat untuk bapak/ ibu guru semoga lelah menjadi lilah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.