Berapa Kecepatan PCI Express 4.0? Dibanding Generasi Sebelumnya

Posted on 14 views

Pada pertengahan tahun 2020, AMD menggegerkan dunia komputer dengan merilis prosesor terbaru yang menggunakan arsitektur Zen 3 telah support PCI Express 4.0/ PCIe 4.0. Tak lama kemudian Intel juga mengumumkan bakal merilis prosesor generasi 11 yang juga support PCI Express 4.0. PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah interconnect yang umum digunakan untuk kartu ekspansi internal pada PC seperti Graphic Card, SSD, LAN, dan Audio Card. Pertanyaannya sekarang adalah “Berapa Kecepatan PCI Express 4.0? jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya?”

Bila kita mengamati perkembangan teknologi komputer, setiap generasi PCI Express bertahan hampir 10 tahun kemudian rilis generasi terbaru yang diklaim lebih cepat dari sebelumnya. Selamat tinggal PCI Express 2.0 dan 3.0, sudah saatnya beralih menggunakan PCI Express 4.0. Meskipun AMD telah mengawali dengan rilis prosesornya, hingga saat ini belum ada pabrikan Graphic Card yang menggunakan slot PCI Express 4.0, sekarang masih bertahan di PCI Express 3.0.

Begitu juga dengan SSD M.2 yang masih menggunakan PCI Express 4.0. Sepertinya para pabrikan hardware masih menunggu rilisnya Intel generasi ke-11 baru hardware pendukung tersebut dirilis. Kiranya masih butuh waktu cukup lama penyesuaian penggunaan PCI Express 4.0 dimana layar monitor sekarang masih belum support. Ini adalah alasan logis kenapa Graphic Card masih menggunakan slot PCI Express 3.0.

 

Kecepatan PCIe 4.0

Kembali pada topik artikel, berapa kecepatan PCI Express 4.0? berikut ini TERAA.NET akan menjelaskan kepada Anda seberapa cepat slot terbaru tersebut. Berikut ini adalah roadmap generasi PCI Express, dimana untuk PCI Express 4.0 sendiri telah diperkenalkan pada tahun 2017 yang lalu, namun dukungan hardware seperti prosesor baru terealisasi tahun 2020/ 2021.

Menurut Tom’s Hardware, PCI Express 4.0 akan hadir dengan peningkatan spesifikasi yang cukup signifikan. Peningkatan tersebut hadir dari sisi bandwidth dan daya yang dihantarkan, sehingga memungkinkan PC masa depan untuk dapat mendukung komponen yang lebih kencang.

PCI Express merupakan slot yang banyak diandalkan oleh para pengguna PC, terutama gamer, sebagai sarana untuk memasang Graphic Card. Kecepatan transfer yang tinggi merupakan poin andalan utama dari PCI Express. Di PCI Express 4.0 yang merupakan versi terbaru, bandwidth akan didongkrak dua kali lipat dari PCI Express 3.0 menjadi 64 GB/s.

Baca: Pengertian Label Intel EVO Pada Laptop

Bandwidth tersebut dapat menghadirkan kecepatan transfer yang tinggi, yaitu hingga 1.97 GB/s untuk perangkat x1, 7.87 GB/s untuk perangkat x4, 15.75 GB/s untuk perangkat x8, dan 64 GB/s untuk perangkat x16.

Lebih menariknya lagi, PCI Express 4.0 juga akan mampu menghantarkan daya hingga 300W secara langsung ke perangkat yang dipasang. Itu artinya, kartu grafis masa depan diperkirakan tidak akan memiliki power pin tambahan untuk memberikan daya pada GPU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.