Daftar BPJS Ketenagakerjaan Untuk Siswa PKL

Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Untuk Siswa PKL

Posted on 27 views

Praktek kerja lapangan atau yang disingkat PKL adalah suatu bentuk kegiatan di lingkungan kerja yang sebenarnya dengan tujuan untuk melatih, membiasakan, mengenali, dan memperoleh pengalaman kerja. Siswa boleh memilih tempat PKL dimana yang ia suka asalkan sesuai dengan kompetensinya masing-masing, misalnya di perusahaan. Persyaratan terbaru supaya diterima PKL harus mempunyai kartu BPJS Ketenagakerjaan, karena statusnya masih pelajar maka diajukan sendiri oleh siswa tersebut. Bagi yang belum tahu cara daftar BPJS Ketenagakerjaan untuk siswa PKL silahkan baca penjelasan berikut ini.

Sebelum menuju tahap pembahasan TERAA.NET akan menjelaskan sedikit tentang PKL. Sebenarnya yang diperbolehkan untuk mengikutinya bukan hanya siswa SMK saja, mereka yang menempuh pendidikan vokasi (diploma) maupun pendidikan sarjana juga boleh mengikuti PKL bahkan calon karyawan yang baru diterima kerja juga ikut PKL.

Sekarang setiap perusahaan mewajibkan untuk mendaftarkan asuransi kesehatan melalui BPJS Ketenagakerjaan yang iuran perbulannya dipotong dari gaji karyawan. Lalu bagaimana dengan yang masih sekolah? karena status bukan pekerja tetap di tempat PKL tersebut maka diusulkan secara kolektif melalui lembaga yang menaunginya (sekolah, perguruan tinggi, dll) atau daftar secara mandiri dengan biaya sendiri. Iuran perbulan nanti juga dibayarkan oleh siswa itu sendiri sampai ia berhenti PKL.

Baca: Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via Aplikasi

 

Persyaratan Daftar BPJS Ketenagakerjaan Untuk Siswa PKL

Berikut ini berkas yang harus dipenuhi untuk dibawa ke kantor BPJS Ketenagakerjaan yang ada di kota Anda:

1. Foto Kopi Kartu Keluarga
2. Foto Kopi Kartu Pelajar
3. Foto Kopi Kartu Tanda Penduduk, bila belum punya bisa menggunakan Akta Kelahiran
5. Bawa uang pendaftaran
6. Isi Formulir 1A BPJS Ketenagakerjaan seperti berikut ini.

Download Formulir 1A – Pendaftaran atau Perubahan Data Pekerja

Formulir 1A ini bisa diambil langsung di kantor BPJS Kesehatan, namun Anda juga bisa mendownload kemudian cetak sendiri. Setelah dicetak baru diisi dengan data yang sebenarnya.

 

Proses Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan Untuk Siswa PKL

Setelah semua persyaratan terpenuhi maka ada 2 cara mendaftarkan siswa PKL yaitu dengan datang langsung ke kantornya atau menghubungi pihak BPJS Ketenagakerjaan untuk datang ke sekolah. Kalau jumlah siswa PKL banyak dan bersamaan waktu PKL-nya maka disarankan menghubungi BPJS Ketenagakerjaan untuk ke sekolah, kalau hanya 1 atau 2 siswa datang ke kantornya langsung.

Kartu BPJS Ketenagakerjaan bisa langsung dicetak ketika telah melakukan pembayaran melalui rekening bank. Bila siswa tersebut belum mempunyai rekening bisa titip pihak BPJS Ketenagakerjaan untuk membayarkannya.

Baca: Cara Daftar Aplikasi BPJSTKU (BPJS Ketenagakerjaan)

Kartu BPJS Ketenagakerjaan tersebut bisa siswa gunakan ketika terjadi kecelakaan kerja di tempat PKL dengan mendatangi pusat kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit, klinik, maupun dokter. Bila selama PKL tidak terjadi apa-apa dalam artian sehat berarti harus banyak bersyukur kepada Allah SWT karena telah diberi kesehatan.

Setelah selesai PKL, siswa tersebut dapat mengambil saldo BPJS Ketenagakerjaan dari iuran perbulannya dengan mendatangi kantor terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.