Pengalaman Punya Laptop Dell Ganti Keyboard 2 Kali

Posted on 67 views

Hampir semua merek laptop pernah TERAA.NET coba mulai dari ASUS, Lenovo ThinkPad, Acer, HP, Compac, Toshiba, dan terakhir adalah DELL. Dari semua itu yang paling berkesan adalah DELL Inspiron 3462 karena dalam jangka waktu pemakaian kurang dari 2 tahun telah ganti keyboard 2 kali.

Kasus pertama belum ada 1 tahun, keyboard bermasalah karena ada salah satu tombol yang tidak berfungsi akhirnya diganti dengan keyboard aftermarket seharganya Rp. 75.000,00 selang 6 bulan kemudian keyboard tersebut rusak. Jujur sulit sekali mencari keyboard Dell yang original, hampir semua martketplace telah ditelusuri namun tidak ada.

Daripada laptop ini tidak kepakek akhirnya ambil keyboard KW saja, harganya cukup terjangkau biasanya 100 ribu sudah termasuk ongkos kirimnya. Keyboard yang kedua juga KW namun lebih awet dari yang pertama karena Alhamdullilah hingga kini belum rusak.

Baca: Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Sendiri

Kerusakan keyboard kedua hampir menyeluruh pada semua tombol, awalnya hanya 1 tombol namun lama-kelamaan rata semua keyboard. Pengerjaan pemasangan keyboard dilakukan sendiri karena Dell memberikan petunjuk manualnya, ini salah satu keunggulan pabrikan dari Amerika daripada merek lain yang belum tentu ada petunjuknya.

Hanya bermodalkan cungkil keyboard bisa dilepas dan dipasang dengan mudah, cara ini cukup efisien daripada di bawa ke tukang service yang memakan waktu dan biaya. Penyebab kerusakan laptop itu beragam, ada yang memang dari sananya dan adapula karena kelalaian penggunanya.

 

Mengenal Penyebab Kerusakan Keyboard Laptop

1. Menurunnya kualitas baterai dalam menyimpan daya bisa menyebabkan kerusakan keyboard laptop. Secara kalau baterai tidak berfungsi dengan baik maka sumber arus listriknya harus terhubung terus-menerus menggunakan kabel charger. Ibaratnya listrik langsung masuk ke komponen laptop tanpa penyaringan sehingga bila tegangan listrik tidak setabil bisa menyebabkan terjadinya hubungan arus pendek pada keyboard

2. Penyebab selanjutnya karena kelalaian pengguna, seperti terkena tumpahan air. Laptop di bawah 5  juta rata-rata keyboardnya tidak tahan air, sekali kena tumpahan langsung masuk ke komponen keyboard. Kalau terkena air harus di diamkan terlebih dahulu sampai benar-benar kering, masalahnya kebanyakan pengguna tidak sabar.

Tahu terkena tumpahan air langsung di lap dan dihidupkan, padahal bagian dalam keyboard belum kering sehingga kalau dialiri arus listrik langsung konslet

3. Debu yang masuk sela-sela keyboard juga menyebabkan beberapa tombol tidak berfungsi, untuk itu perlu dibersihkan secara berkala biar ketikannya enak

4. Menyimpan laptop di tempat yang lembab juga bisa merusak bantalan karet pada keyboard karena menjadi flat. Kalau sudah begini tombol ditekan tidak bisa mental/ mantul.

Demikianlah informasi pengalamanan mempunyai laptop DELL yang ganti keyboard 2 kali. Membeli peralatan elektronik itu istilah Jawanya bejo/ bejan. kadang untung kadang rugi. Suatu merek tidak bisa dikatakan jelek karena telah ganti keyboard 2 kali, kemungkinan dapat barang kualitas jelek juga bisa.

Terkadang laptop murahan bisa bertahan lama, begitu juga sebaliknya laptop mahal yang cepat rusak juga ada. Semua tergantung dari nasib dan pemakainya itu sendiri.

Baca: Memperbaiki Laptop Langsung Masuk BIOS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.