Kisah Blogger Sukses

Blogger Sukses, Semua Berawal Dari Kopdar

Posted on 12 views

Bahasan kali ini berbeda dari biasanya karena akan menceritakan pengalaman pribadi penulis yang bertahan hampir 10 tahun menekuni dunia blog dan jauh dari kata blogger sukses. Di luar sana banyak teman yang bertanya-tanya kenapa bisa bertahan sejauh ini, jawabannya adalah hobi.

Mulai SMP, Admin sudah tergila-gila dengan komputer, masih dalam ingatan kala itu guru memberikan pembelajaran Word Star dan Lotus dimana tampilannya tidak menggunakan User Interface (UI). Bayangkan saja, seolah-olah Anda bekerja menggunakan DOS dimana hanya ada 2 kombinasi warna yaitu latar biru/ hitam kemudian font berwarna putih.

Kalau sekarang Word Star ini seperti Office Word dan Lotus 123 adalah program Excel-nya. Dapat materi seperti ini saja senangnya bukan bain… anak yang lahir 80an pasti tau program ini. Lanjut menginjak SMA baru kenal yang namanya Windows 95 dan 98.

Ketertarikan akan komputer semakin meningkat sehingga bapak membelikan PC berprosesor Pentium MMX (di bawah pentium I). Pelajaran pemrograman pertama kali diajarkan pada kelas 2 SMA, yaitu bahasa Pascal. Kalau itu guru komputer terus memotivasi caranya bikin Windows itu pakai Turbo Pascal, dsb… motivasi tersebut merasuk ke dalam otak sehingga berkeinginan lanjut kuliah jurusan komputer.

Karena orang tua tidak memberikan izin akhirnya ambil S1 Bimbingan Konseling dan Psikologi. Dulu tahun 2005/ 2006 jurusan TIK kependidikan belum ada, adanya komputer murni. Alasan kenapa tidak boleh karena tetangga yang menjadi teknisi komputer tidak kaya-kaya. Akhirnya manut kata orang tua ambil kependidikan dengan harapan jadi guru.

Baca: Biaya Pembuatan Blog TERAA.NET

Ada jeda antara lulus SMA dan masuk kuliah, waktu itu Admin manfaatkan untuk ikut kursus komputer. Teman-teman seangkatan juga pada ikut kursus penguasaan Office, namun Admin lebih memilih teknisi komputer.

Biaya kurus perakitan komputer dan perbaikan sebesar Rp. 750.000,00 cukup mahal di tahun 2005. Meski begitu sepadan dengan apa yang Admin dapatkan karena bisa merakit komputer sendiri. Ilmu yang didapatkan dari kursus tersebut diaplikasikan di rumah sehingga menghabiskan 3 PC. Kalau kesulitan ada masalah konsultasi sama tetangga yang jadi teknisi komputer.

Ketika menempuh pendidikan S1 di Universitas Negeri Malang, ketertarikan akan komputer membuat Admin seolah-olah menjadi konsultan teknologi. Teman-teman yang mau rakit komputer pasti minta bantuan untuk memilih spesifikasi hardware terbaik sesuai kantong. Dulu zamannya PC, laptop belum terlalu viral di Malang baru pada tahun 2009 ke atas semua beralih ke laptop.

Anak kost biasanya selalu kekurangan makan, berbeda dengan Admin. Habis menolong memperbaiki PC atau install ulang pasti di bawakan makanan heheh… itu juga tidak dimakan sendiri, kalau kenyang dibagikan ke teman-teman 1 kost.

 

Awal Tertarik Dengan Blog

Bisa dibilang semua jejaring sosial pernah Admin coba, mulai dari zamanya Friendster, MIRC, Mig33, Facebook, dan Twitter semua punya akunnya. Namun dari pertemanan Mig33 baru mengenal namanya blog.

Anak chatingan pasti tahu istilah kopdar atau kopi daratan, semacam temu kangen sesama anggota Mig33. Dulu ada situs penyedia lagu yang cukup popular milik orang Malang bernama Stafa Band, dari sini tiba-tiba salah satu teman Admin (Alm. Gufi) memberi tahu bahwa pendapatannya sebulan bisa untuk membeli laptop.  Ketika teman menjelaskan seolah-olah tidak percaya, bagaimana online bisa mendatangkan uang…

Akhirnya teman tersebut membuat situs e-commerce untuk menjual peralatan mobil namun dipasang iklan Google AdSense. Kalau itu pendapatan dari AdSense lumayan karena tiap bulan bisa gajian, dan menyuruh Admin untuk mengikuti jejaknya.

Pada akhir tahun 2010, Admin telah selesai mengerjakan skripsi dan tinggal menunggu wisuda. Dulu di Universitas Negeri Malang setahun wisudanya 2 kali, misalkan ujian bulan November tahun ini maka wisuda ikut tahun depan. Daripada nganggur di kost akhirnya mencoba membuat blog.

 

Belajar Ngeblog Terbaik Bersama Teman

Bahasan tentang blog kala itu masih sepi, mau mencari referensi online belum banyak yang nulis. Akhirnya ada teman satu kost yang mempunyai ketertarikan sama dengan blog ikut belajar bareng. Teman tersebut adalah Yan Surachman, admin dari indomangga.web.id.

Kami berdua saling bertukar informasi tentang blog, dan mencoba menemukan platform terbaik untuk ngeblog. Namanya mahasiswa akhir, uang saja masih minta sama orang tua akhirnya mencoba yang gratis blogger.com dengan ekstensi domain.blogspot.com.

Setelah lulus S1 dan bisa mencari penghasilan sedikit-demi sedikit memberanikan diri membeli domain.com. Tak lama kemudian Yan Surachman juga ikut membelinya. Ngeblog semakin semangat ketika kami diterima sebagai publisher Google AdSense.

Daftar Google AdSense itu sulit, sebelum tahun 2014 harus menggunakan bahasa Inggris, ketika Google merubah kebijakannya dan telah support bahasa Indonesia baru pada tahun 2014 bisa daftar Google AdSense.

Sama seperti publisher lain ketika memulai ngeblog, mengumpulkan 1$ rasanya setahun. Admin butuh waktu 9 bulan dari diterimanya Google AdSense hingga terkumpul 100$, bukan waktu yang pendek haha.

 

Belajar Iklan Dari Forum

Rasa penasaran Admin tentang publishing terus meningkat dan akhirnya menemukan forum ads.id. Ini forum tempat berkumpulnya para master SEO, informasi apa saja tentang cara meningkatkan visitor blog ada di sini. Memang sih tujuan utamanya untuk Google AdSense, namun kunci sukesnya tetap SEO.

Gambar sebagai pemanis haha, jangan ngiler

Dari forum inilah Admin mengenal teknik backlink. PBN, White SEO, Black SEO, dan lain sebagainya. Blog Admin yang dibangun dengan backlink sekarang telah jatuh (indoamaterasu.com) padahal artikelnya lebih dari 2000. Sebelum Google mengupdate Algoritma terbarunya blog ini sempat menduduki peringkat 100 besar versi Alexa Rank, sekarang terlempar jauh.

Tidak mau mengulangi kesalahan yang sama akhirnya lahirlah TERAA.NET, blog yang ditulis secara alami tanpa backlink dan terbukti visitornya stabil. Memang lonjakan trafiknya pelan, tapi lama-lama terus naik.

 

Tetap Ngeblog Meskipun Sulit

Masa kejayaan blogger antara tahun 2014 hingga 2017, pada tahun 2018 YouTube naik daun yang berakibat orang malas membaca artikel namun lebih tertarik pada video. Pada masa ini teman-teman mulai beralih profesi sebagai YouTuber, fotografer, dan fokus ngajar sebagai guru.

Jujur sejak awal tahun 2019 hingga ditulisnya artikel ini, penghasilan dari blog tidak pernah mencapai 100$, namun itu terpenuhi dari penghasilan YouTube. Selain ngeblog juga mencoba peruntungan dari YouTube dan Alhamdulilah cukup untuk biaya sehari-hari.

Apakah layak dikatakan blogger sukses? tentu tidak.

 

Pernah Mengundurkan Diri Dari PNS

Siapa sih yang tidak ingin jadi PNS, semua pasti pingin karena mendapatkan jaminan hari tua. Saking pedenya dengan penghasilan Google AdSense, berani mengundurkan diri dari PNS. Padahal kalau diterima langsung terbit NIP PNS, tetapi setelah pemberkasan melayangkan surat pengunduran diri.

Masa kejayaan publisher Google AdSense
Total penghasilan dari Googgle AdSense

Ceritanya Admin daftar CPNS di kabupaten Bondowoso, tetapi pada pengumumannya diterima di kabupaten Sintang Kalimantan Barat. Ada beberapa faktor kenapa tidak ambil PNS di sana, yang pertama karena keluarga… admin ingin selalu dekat dengan orang tua.

Alasan lain karena daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terbelakang), pengalaman mengajar di 3T fasilitas serba kurang. Listrik, sinyal, mall, juga tidak ada. Memang sih gajinya besar, bisa dapat tunjangan profesi, tunjangan daerah terpencil tetapi tidak nyaman buat Admin.

Mending dapatnya sedikit tetapi nyaman menjalankannya…

 

Semua Niat Mulai Dari Hobi

Sudah berkali-kali Admin memberikan bimbingan pada murit-murit, memulai sesuatu itu berdasarkan hobi. Jangan paksakan yang kamu tidak sukai maka pasti akan berhenti ditengah jalan. Admin menjadikan blog ini sebagai hobi, mengenai pendapatan itu dianggap bonus dari mendalami hobi tersebut.

 

Bersambung…

Penulis: admin TERAA.NET
Profesi: Konselor Sekolah
Hobi: Ngeblog, Otak-Atik Komputer

4 comments

  1. Mantap bro… partner sharing saat masih aktif ngeblog, semoga tahun ini saya bsa bangun blog baru yang ramah lingkungan backlink hehe… supaya awet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.