Memasang Kipas Komputer

Cara Memasang Kipas Komputer Yang Benar

Posted on 35 views

Memasang kipas komputer itu mudah sekali, cukup mengaitkannya dengan baut kemudian menghubungkan kabel kipas ke Power Supply maka beres, namun memasang kipas yang benar supaya komputer tetap dingin perlu pengetahuan khusus. Berikut ini TERAA.NET akan menjelaskan kepada Anda cara memasang kipas komputer yang benar.

Pada dasarnya setiap pembelian casing komputer telah dibekali kipas bawaan, biasanya 1 kipas pada bagian belakang. Namun itu tidak bisa dijadikan patokan karena casing murahan malah tidak dibekali kipas sama sekali dan casing mahal biasanya langsung include beberapa kipas sekaligus.

Kipas bawaan casing cukup untuk mendinginkan suhu komputer minimal harus ada 2 kipas. Bila kurang pemiliknya bisa menambahkan sendiri dengan membeli secara terpisah atau mengganti semua kipas bawaan dengan kipas RGB.

Baca: Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Shutdown

Sekarang ini penggunaan kipas RGB memang menjadi trend pemilik komputer dekstop sehingga komputer bukan sekedar alat untuk bekerja namun bisa dinikmati keindahannya. Perpanduan desain motherboard, RAM, CPU Cooler, dan Graphic Card dengan lampu RGB membuatnya enak dilihat.

Intinya pemilik komputer betah berlama-lama di depan layar dan tentunya lebih semangat lagi untuk bekerja. Penggunaan komputer yang lama hingga berjam-jam harus diimbangi oleh pendingin yang baik salah satunya penggunaan kipas komputer.

 

Kesalahan Dalam Memasang Kipas Komputer

Mereka yang baru pertama kali merakit komputer banyak kesalahan dalam memasang kipas seperti arah anginnya terbalik, semua kipas mengarah ke dalam/ luar casing, dan lain sebagainya. Seberapapun jumlah kipasnya kalau pemasangannya salah tetap bisa menyebabkan overheat.

Untuk menghindari kesalahan memasang kipas komputer, penting sekali mencari referensi atau bertanya kepada mereka yang sering merakit komputer. Inti dari pemasangan kipas harus ada angin masuk dan angin keluar, tidak boleh sama-sama masuk atau sama-sama keluar.

 

Akibat Kesalahan Pemasangan Kipas

Kesalahan pemasangan kipas komputer dapat menyebabkan suhu prosesor panas sehingga sering not responding, hang, bahkan restart dengan sendirinya. Komputer berjalan lemot, tidak secepat ketika suhunya tetap terjaga.

Akibat lainnya bila masih memakai harddisk, bukan SSD maka cepat rusak. Selain itu karena panasnya motherboard membuat solderan ikut meleleh akibatnya ada beberapa slot VGA yang bengkok dengan sendirinya bahkan kaki-kakinya lepas dari motherboard.

 

Cara Memasang Kipas Komputer Yang Benar

Silahkan perhatikan dan amati gambar berikut ini. Jumlah kisi-kisi udara pada setiap casing berbeda, ada yang hanya 1, ada yang 2, ada yang jumlahnya 3 dan 4. Untuk menjaga komponen komputer tetap awet usahan membeli casing minimal terdapat 2 kisi-kisi udara, lebih banyak lebih baik.

Pemasangan kipas yang baik harus ada yang berfungsi menyedot udara dan membuang udara. Kipas yang menyedot udara dipasang pada bagian depan atau bagian bawah casing sedangkan pembuangan di bagian belakang dan atas.

Cara mengecek kipas tersebut menyedot atau membuang udara mudah sekali, bila menghembuskan udara ke arah Anda berati membuang. Kalau hembusannya ke belakang berati menyedot udara.

Demikianlah informasi pemasangan kipas pada casing komputer, semoga bermanfaat untuk Anda khususnya yang hobi rakit PC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.