WordPress Plugin Site Kit

WordPress Plugin Site Kit Untuk Menampilkan Data Google

Posted on 23 views

Site Kit adalah plugin WordPress milik Google untuk memantau situs web yang berkaitan dengan data Google. Data tersebut mencakup Google Search Console, Google Analytics, Google AdSense, dan Google Page Speed Insights.

Plugin ini sebenarnya dirilis Google beberapa tahun yang lalu namun TERAA.NET baru mengujinya ketika mendapatkan notifikasi pada dashboard Google AdSense dengan bunyi “Try out Google’s official WordPress plugin: Site Kit.”

 

Site Kit

Semua notifikasi Google yang masuk dashboard AdSense bersifat pemberitahuan, berati kalau sampai diumumkan bahwa ini plugin resmi milik Google yang tersedia di WordPress maka penting sekali untuk mencobanya.

Ketika install Site Kit tidak boleh digabung dengan plugin Jetpack, untuk itu bila masih menggunakan Jetpack silahkan uninstall terlebih dahulu kemudian install Site Kit.

Pada bahasan kali ini tidak akan dijelaskan secara detail cara install Site Kit, karena diansumsikan Anda sudah bisa menginstall plugin WordPress. Silahkan install melalui dashboard WordPress atau download Site Kit kemudian install secara manual.

Pertama kali ketika menjalankan Site Kit, maka akan diminta untuk menghubungkan ke akun Google Search Console, Google Analytics, dan Google AdSense. Bila Anda menggunakan email berbeda di setiap produk Google maka usahakan sama, kalau terlanjur tinggal menambahkan pengelola akun dengan tidak menghapus akun aslinya.

 

Ulasan Plugin Site Kit Untuk WordPress

Berikut ini ada 4 fitur utama yang terdapat pada plugin Site Kit, semua berkaitan dengan produk Google seperti ini:

 

1. Google Search Console

Menu Search Console akan menampilkan data yang berkaitan dengan penelusuran situs. Tampilannya mudah dipahami daripada menggunakan Google Search Console yang diakses melalui browser.

Di sini, blogger bisa memantau Total Clics, Total Impressions, Average CTR, dan Avergae Position. Selain itu juga menampilkan keyword (kata kunci) yang populer dicari orang lain di blog Anda. Pokoknya memudahkan sekali memantau perkembangan situs yang berakitan dengan penelusuran Google.

 

2. Google Analytics

Googla Analytics adalah tool untuk memantau trafik pengunjung situs blog. Berapa jumlah penjung, berapa jumlah halaman yang dibuka bisa dipantau melalui menu ini.

Informasi artikel mana saja yang paling banyak diminati pengunjung juga ditampilkan melalui Google Analytics. Intinya semua yang berkaitan dengan data pengunjung ada di sini seperti negara asal, gadget yang digunakan, dan sumber pengunjung berasal dari mana saja.

 

3. Google AdSense

Fitur terbaik yang ada pada plugin Site Kit ini adalah AdSense. Ketika blogger berhasil menghubungkannya dengan akun Google AdSense maka dengan mudah memantau pendapatan tanpa login ke dasboard AdSense. Semua cukup dilakukan melalui dashboard WordPress – Site Kit.

Yang menarik adalah pendapatan yang tampil hanya untuk situs itu saja, maksudnya yang dihubungkan dengan Sitek Kit dengan Google AdSese. Jadi bila Anda mempunyai banyak blog dengan AdSense yang sama maka yang tampil pendapatannya hanya yang menggunakan Site Kit saja. Informasi AdSense juga lengkap seperti Earning, Page RPM, Impressions, dan Page CTR.

 

4. Google Page Speed and Experience

Ingin mengetahui seberapa cepat situs WordPress tidak perlu membuka GTMetrix dan Google Page Speed Isights, cukup melalui plugin Site Kit bisa melihat kecepatan akses web dari Page Speed and Experience.

Selain itu juga ditampilkan saran perbaikan bagian mana saja yang perlu dioptimalkan untuk mendapatkan skor yang bagus.

Demikianlah informasi mengenai plugin Site Kit yang direkomendasikan Google untuk memantau situs berkaitan dengan data Google. Silahkan manfaatkan untuk mengoptimalkan pendapatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.