Cara Cek Kecepatan Idex Website/ Blog Dengan Lighthouse

Posted on

Lighthouse adalah plugin buatan Google yang berfungsi untuk mengetahui kecepatan index halaman website/ blog di mesin pencari Google. Sepertinya Lighthouse diciptakan untuk menggantikan Page Speed Insights dengan fitur yang lebih lengkap lagi. Plugin ini diperkenalkan ke publik pada webminar “Sukses Bersama Google Search dan Search Console” bulan Oktober 2018.

Menurut Felicia Hendrawan, strategi Partner Manager Google Indonesia mengatakan bahwa update algoritma terbaru yang diindex duluan (first indexing) adalah halaman versi mobile dan setelah itu versi dekstop. Google sekarang lebih mengedepankan kenyamanan pengguna smartphone karena yang banyak mengakses website adalah dari perangkat mobile.

Sekarang ini perbandingan orang yang mengakses website/ blog dari komputer dan smartphone adalah 20% : 80%, selisihnya cukup jauh dan harus dioptimalkan untuk pengguna mobile. Mereka yang tetap bertahan dengan browser komputer biasanya adalah yang mencari tutorial blog dimana edit HTML dan Java Script tetap enak pakai laya lebar.

Karena Lighthouse dikembangkan Google maka browser yang suport ini adalah Google Chrome dan Chromium. Anda cukup install Lighthouse lalu digunakan untuk cek kecepatan idex artikel. Index artinya proses perayapan kata kunci/ keyword yang ada pada artikel website/ blog supaya bisa muncul di mesin pencari Google.

Faktor yang mempengarui cepat terindex atau tidak itu banyak sekali salah satunya adalah melalui kecepatan loading website/ blog. Pengecekan tersebut akan menampilkan speed index dan beberapa informasi lain yang berkaitan dengan perfomance, accessibility, best practices, dan SEO. Selain itu bila hasil cek skornya jelek ada pemberitahuan dari Google pada bagian mana yang harus diperbaiki atau dioptimalkan. Langsung saja supaya Anda paham dengan kegunaan Lighouse, berikut ini adalah cara cek kecepatan index website/ blog.

Cara Mengetahui Speed Index Website/ Blog dengan Lighthouse

1. Jalakan Google Chrome, kemudian buka link Lighthouse untuk menginstall pluginnya
2. Pilih Add to Chrome, setelah behasil install plugin perhatikan icon Lighthouse yang ada di pojok kanan atas browser
3. Buka halaman website, misalnya teknologivirtual.com, setelah terbuka klik icon Lighthouse > Generate Report
4. Tunggu proses pengecekan hingga selesai hingga menampilkan hasil seperti ini

Cara cek kecepatan blog
Perfomance Website/ Blog
Cara cek kecepatan situs web
Fast and Reliable Website/ Blog

5. Perhatikan yang ada warning merahnya, itu adalah bagian yang harus dioptimalkan.

Demikianlah informasi cara cek kecepatan index website/ blog dengan Lighthouse Google, semoga Anda bisa mencobanya sendiri di rumah dan salam sukses.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.