Cara Melihat Spesifikasi Komputer dan Smartphone Menggunakan CPU-Z

Posted on 11 views

Mengetahui spesifikasi komputer dan smartphone itu penting terutama untuk Anda yang suka membandingkan spesifikasi hardware antara perangkat satu dengan perangkat yang lainnya. Bila paham dengan spesifikasi hardware maka orang lain tidak bisa menipu Anda terutama untuk memilih komputer atau smartphone yang diinginkannya.

Cara mengetahui spesifikasi komputer bisa dengan melihat propertis pada My Computer, namun yang ditampilkan sebatas tipe Prosesor, RAM, dan System Operasi. Begitu juga dengan smartphone Android untuk melihatnya bisa melalui menu About Phone, dan spesifikasi yang ditampilkan juga kurang detail.

Mengetahui spesifikasi komputer juga bisa membongkar casingnya untuk mengetahui hardware yang digunakan, namun untuk smartphone masak harus membongkarnya dan mengembalikannya lagi… pasti ribet bukan.

Baca: Cara Membuat Video Tulisan Spidol Dengan Sparkol VideoScribe

Namun dengan adanya aplikasi yang bernama CPU-Z, mengetahui spesifikasi komputer dan smarphone sangatlah mudah. Yang diperlukan adalah dengan mendownload programnya terlebih dahulu kemudian dipasang pada komputer atau smartphone. Berikut ini screenshot aplikasi CPU-Z for komputer dan smartphone.

CPU-Z Untuk Komputer/ Laptop

Contoh screenshot CPU-Z untuk komputer dengan theme MSI Gaming. Spesifikasi komputer mulai dari CPU, Chaches, Mainboard, SPD, Graphics ditampilkan di sini. Tampilannya yang sederhana membuat CPU-Z mudah dipahami penggunanya. CPU-Z for komputer menyediakan beragam theme sesuai brand hardware Anda, tersedia juga theme standar.

CPU-Z For Komputer

CPU-Z For Laptop

Download CPU-Z for Komputer
Google Drive | 4Shared

CPU-Z Untuk Smartphone Android

CPU-Z untuk Android mampu menampilkan spesifikasi smartphone secara detail mulai dari SOC, Device, System, Battery, SOS, dan lain sebagainya. Anda dapat mendownload langsung aplikasinya di Google Play atau melalui link yang disediakan Teraa. CPU-Z ini mempunyai kemampuan untuk membaca hak akses pada system operasi Android.

Bila Android telah di root maka statusnya (Root Access: Yes) bila belum (Root Access: No). Yang menarik lagi CPU-Z for Android ini dapat membaca sensor pada smartphone, jadi dapat diketahui ada sensor GPS atau tidak. CPU-Z juga dapat digunakan untuk membedakan smartphone asli atau palsu dengan membandingkannya dengan spesifikasi yang asli.

CPU-Z For Smartphone

CPU-Z For Android

Download CPU-Z for Android
Google Drive | 4Shared

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *