Pajak tahunan CB150R

Biaya Perpanjang Pajak STNK Honda New CB150R

Posted on 300 views

Honda New CB150R merupakan motor naked sport terlaris saat ini. Motor ini memiliki mesin DOHC yang tangguh dengan kapasitas mesin 150cc dan memiliki tampilan yang sporty sehingga banyak pemuda yang menyukai New CB150R, termasuk Admin Teraa. Ketika pertama kali membeli motor baru maka pajak tahun pertama diurus sama dealer dan pembeli terima jadi. Setelah menginjak tahun kedua dan kelipatannya maka wajib membayar pajak sendiri, termasuk New CB150R.

Mungkin banyak diantara Anda yang bertanya-tanya berapa besarnya pajak tahunan New CB150R? pajak tahunan disebut juga perpanjangan STNK, jadi ketika akan memperpanjang STNK persyaratan yang harus dibawa adalah STNK New CB150R dan KTP. Pastikan KTP yang Anda bawa namanya sesuai dengan pemilik motor di STNK.

Bila Anda membeli motor baru dari dealer maka secara otomatis yang di STNK sama dengan yang di KTP kecuali membeli motor 2nd dan belum dibalik nama maka identitas pemiliknya masih dipenjual. Bila kedua persyaratan tersebut telah terpenuhi langkah selanjutnya silahkan datang kantor SAMSAT.

Tentu bagi yang pertama kali akan perpanjang STNK untuk tahun kedua bertanya-tanya berapa besar biayanya. Untuk mengetahui jawabannya Anda bisa bertanya ke sesama pemilik New CB150R yang telah bayar pajak dan mencari referensi secara online seperti membaca informasi di blog ini.

Baca: Review Penggunaan Gearset SSS CB150R Ukuran 428 15-47

Sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor dibayar didepan, bukan dibelakang. Jadi bayar pajak dulu baru motor bisa digunakan secara legal. Waktu yang tepat melakukan perpanjangan STNK adalah satu bulan sebelum jatuh tempo. Jangan sampi kelewat batas supaya tidak dikenakan denda.

Besarnya Biaya Perpanjang STNK New CB150R

Berikut ini adalah STNK Honda New CB150R keluaran November tahun 2016. Setelah melakukan perpanjangan STNK untuk tahun kedua dikenakan biaya Rp. 363.000 di SAMSAT Trenggalek. Jumlah keseluruhan Rp. 363.000 terbagi dalam biaya PKB, biaya SWDKLIJ , dan biaya Administrasi STNK.

Biaya Pajak CB150R

Rincian pajak Honda New CB150R adalah sebagai berikut:

Biaya PKB Rp. 288.000
Biaya SWDKLIJ Rp. 35.000
Biaya ADM. STNK Rp. 25.000
Total Rp. 348.000
Jumlah Keseluruhan Rp. 363.000

Istilah Yang ada di STNK Beserta Artinya

No. Urut
Nomor urut ketika kendaraan didaftarkan untuk dibuatkan STNK-nya. Tertera nomor urut dan tanggal pendaftaran kendaraan.

No. Kohir
Nomot pendaftaran kendaraan baru, pendataan dilakukan oleh POLRI dan SAMSAT setempat.

BBN-KB
Bea balik nama kendaraan bermotor, dari yang berupa faktur kendaraan dari produsen, menjadi atas nama pembeli.

PKB
Pajak kendaraan bermotor, besaran pajak yang dikenakan terhadap kendaraan. Semakin mahal harga kendaraan, makin mahal pula PKB-nya. Biasanya PKB untuk kendaraan tahun tua, besarannya akan disesuaikan sesuai kebijakan pemerintah provinsi setempat.

SWDKLLJ
Singkatan dari sumbangan wajib dana kecelakaan lalu-lintas jalan. Jadi secara tidak langsung, Anda sudah mengikuti asuransi kecelakaan yang dikelola oleh Jasa Raharja.

Biaya STNK
Biaya pembuatan STNK termasuk biaya pembuatan BPKB. Untuk hal ini dikelola oleh POLRI.

Biaya Adm TNKB
Biaya untuk pembuatan pelat nomor kendaraan bermotor (TNKB). TNKB sendiri akan diganti setiap 5 tahun sekali, dan akan dilakukan pengecekan ulang fisik kendaraan, seperti nomor rangka dan nomor mesin.

Berat KB
Berat kendaraan bermotor. Biasanya untuk kendaraan kecil seperti mobil penumpang dan motor tidak dicantuman.

Jumlah
Total biaya yang harus dibayarkan wajib pajak (pemilik kendaraan). Untuk kendaraan baru, BBNKB, PKB, SWDKLLJ, biaya administrasi STNK dan biaya administrasi TNKB dibayarkan seluruhnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *